Header Ads

Khasiat Bunga Kamboja untuk Obat Antibiotik dan Sakit Gigi

Aisha News - Dibalik warna dan bentuknya yang indah juga wanginya yang khas, ternyata tersimpan kelebihan sebagai obat serta kelebihan lainnya. Salah satunya yaitu bunga kamboja berkhasiat sebagai obat antibiotik dan obat sakit gigi. Untuk populasinya biasanya Bunga Kamboja identik dengan tumbuhan atau tanaman yang biasa tumbuh di area pekuburan. Walaupun begitu jaman sekarang banyak perumahan mewah yang memanfaatkannya sebagai tanaman hias. Nampaknya tak banyak yang mengetahui bahwa dibalik bunganya yang cantik, ternyata bunga kamboja memiliki banyak manfaat sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Kamboja yang mempunyai nama ilmiah atay latin Plumeria itu ditemukan oleh seorang botanis berkewarganegaraan Perancis yang diketahui bernama Charles Plumier. Bahkan, banyak orang yang mengira bahwa sesui namanya Bunga Kamboja berasal dari Negara Kamboja, padahal hal tersebut tidak tepat karena sebenarnya Bunga Kamboja berasal dari Amerika Tengah.

Bunga kamboja yang mempunyai ciri khas yaitu daunnya bergetah itu, ternyata mengandung banyak senyawa kimia yaitu sebagai berikut : asam plumerat, asam serotinat, plumierid, serta agoniadin. Beberapa senyawa kimia itu bisa dimanfaatkan untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Selain mengandung senyawa kimia, ternyata dari Kulitnya pun mempunyai kandungan damar serta asam plumeria. Sementara akar juga daunnya mempunyai kandungan zat saponin, polifenol, alkaloid, serta fenetilalkohol. Dari kandungan keseluruhan Bunga Kamboja memiliki senyawa fulvoplumierin yang terdapat di hampir semua bagian tanaman itu bermanfaat sebagai penghambat penyakit disentri, radang saluran pernafasan, TBC, maupun juga hepatitis. Untuk lebih mendetailnya berikut dipaparkan manfaat dan khasiat dari Bunga Kamboja yang jarang terungkap ini :

1. Bunga kamboja bisa dimanfaatkan untuk membuat minuman teh

Proses pembuatannya yaitu, setelah dikeringkan, proses seterusnya yaitu bunga kamboja diseduh dengan air panas. Diketahui cara tersebut bermanfaat antara lain agartubuh menjadi lebih rileks dan santai, dapat menurunkan stres, serta dapat dipakai sebagai aroma terapi. Namun kalau Bunga Kamboja di konsumsi langsung ternyata berkhasiat untuk meredakan demam, menghentikan penyakit batuk, melancarkan pembuangan air seni, mencegah pingsan, menghentikan diare, dan lain- lain.

2. Bunga Kamboja berkhasiat sebagai obat antibiotik serta dapat dijadikan obat Sakit Gigi

Sepertikita ketahui daun kamboja banyak menyimpan getah. Pada getah tersebut terdapat kandungan zat alkaloid, tanin, flavonoid serta triterpenoid yang bisa dipakai sebagai antibiotik. Tanaman yang indah ini juga disebut sangat ampuh untuk mengobati sakit gigi berlubang, cara membuatnya dengan cara mengambil beberapa tetes getah kamboja dengan kapas kemudian masukkan pada gigi yang sakit. Aturan pakainya yang dianjurkan yaitu cukup 1 sampai 2 kali saja setiap harinya.

3. Kamboja sebagai alernatif mengobati bisul

Daun Kamboja juga berkhasiat mengobati penyakit bisul. Cara pembuatan ramuannya yaitu panaskan daun kamboja di atas api sampai kondisi daunnya layu, kemudian oleskan dan dicampur dengan minyak zaitun. Tahap selanjutnya tempelkan pada bisul dalam keadaan daun bungan kamboja masih panas.

4. Kamboja mengobati kaki bengkak

Khasiat selanjutnya yaitu selain khasiat bunga dan daun, ternyata akar serta batang kamboja pun bisa untuk media pengobatan kaki bengkak serta tumit yang pecah-pecah. Untuk cara ini terbilang sangat mudah. Pertama - tama, rebus akar serta daunnya sampai mendidih lalu tambahkan sedikit garam. Hal selanjutnya yaitu gunakan air rebusan daun, akar, juga garam tersebut yang gunanya merendam kaki yang bengkak, cara tersebut baiknya dilakukan dua kali sehari.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.