Header Ads

Pemuda Bentuk Komunitas Pelacak Sejarah GPS di Cilacap

Aisha News, Cilacap - Kalangan pemuda dan pemudi di Cilacap telah sepakat membuat suatu organisasi atau membentuk komunitas dengan nama Generasi Pelacak Sejarah (GPS) pada Minggu (12/07/2015).

Komunitas tersebut dibentuk supaya mendekatkan para generasi muda untuk mengetahui sejarah Islam dan juga sekaligus mengantisipasi adanya penyimpangan pada sejarah yang masa lampau atau masa kini.

Pembentukan sebuah komunitas GPS tersebut telah dikemas pada suatu kegiatan Ramadan yang bertemakan "GPS Touchdown Camp" yang bertempat Saung Sekolah Alam Cilacap.

"Hal tersebut sangat disayangkan pada generasi muda masa kini mengenal sejarah hanya pada bagian kulitnya saja, sehingga hal tersebut tidak ada suatu kebanggaan dalam beragama Islam" ungkap Anton Wibowo, sebagai penanggung jawab pada Komunitas GPS.

Lebih lanjut menurut Anton, untuk para ulama telah menyampaikan bahwasannya sejarah itu akan mengulangi pada dirinya, termasuk juga pada sejarah Islam.

"Apakah kita semua akan menjadi bagian pada pengulangan sejarah atau kita hanya menjadi sebagai penggembira serta penonton dari luar? Inilah hal yang harus menjadi sebuah renungan kita bersama" imbuhnya.

Keberadaan komunitas GPS tersebut dibentuk karena adanya suatu indikasi penyimpangan-penyimpangan pada sejarah Islam.

"Makanya komunitas ini, untuk misi yang utama adalah untuk melacak kembali pada sejarah Islam yang sebenar-benarnya" tandasnya.

Leres Roshita, Ketua Komunitas GPS Cilacap telah menjelaskan berbagai macam kegiatan yang akan dilakukan untuk mendukung sebuah misi untuk melacak sejarah yang benar serta sebenarnya yang sudah terjadi.

"Kita semua sudah mempersiapkan suatu program seperti halnya bedah buku, lomba bercerita bertema sejarah dan travelling ke sebuah tempat bersejarah Islam" ungkapnya.

Leres, sangat mengharapkan seluruh peserta semakin memahami suatu sejarah Islam yang benar atau sebenarnya dan turut menyebar luaskan kepada seluruh masyarakat. (Sandy/AAA/rri.co.id)
Diberdayakan oleh Blogger.