Header Ads

19 Tips Alami Menurunkan dan Melawan Kolesterol Jahat

Aisha News - Manfaat untuk menurunkan kolesterol yang jahat yang ada pada tubuh kita, berikut menu makanan yang sangat baik dikonsumsi untuk penderita kolestrol.

1. Teh hijau
Penelitian di Jepang telah menemukan bahwa kandungan theanine yang ada pada teh hijau sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol yang jahat. Anda seharusnya meminum minimal lima cangkir teh hijau tanpa gula setiap harinya supaya mendapatkan manfaatnya.

2. Avokad
Seperti pada minyak zaitun, avokad memiliki banyak lemak yang dapat menurunkan kolesterol jahat. Lemak tak jenuh tunggal, yang telah ditemukan pada buah hijau dan lembut ini, Avokad dapat meningkatkan kolesterol yang baik. Konsumsilah buah yang memiliki vitamin E, asam folat dan vitamin B.

3. Plum
Plum yang merupakan sumber dari karbohidrat yang sangat baik sekali, plum mengandung banyak serat dan juga zat fitokimia yang sangat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol yang jahat pada tubuh. Potasium ini yang terkandung untuk menjaga kestabilan bagi gula darah.

4. Semangka
Semangka disini bahwa menurut WHO Food, buah semangka tidak hanya sebagai vitamin C dan juga vitamin A yang sangat baik serta mengandung zat antioksidan, likopen. Yang berperan untuk menetralisasi radikal bebas, mengoksidasi pada kolesterol yang menempel di dinding pembuluh darah.

5. Tomat
Para ilmuwan telah menyatakan, bahwa tomat masak memiliki banyak khasiat yang hampir sama dengan statin, obat kimia yang sangat lazim digunakan menurunkan kolesterol dan juga tekanan darah tinggi. Setengah liter jus tomat dalam sehari sangat berfungsi untuk pengontrol kolesterol bagi pasien atau meminum dua gelas jus tomat dalam sehari dapat menurunkan kolesterol yang jahat di dalam tubuh secara signifikan.

6. Gandum
Gandum memiliki mandungan serat dan betaglucan yang tinggi, gandum terbukti mengurangi kadar kolesterol di dalam darah. Oatmeal yang juga merupakan jenis gandum yang berserat tinggi dapat juga menjadi pilihan.

7. Kacang
Louisiana State University telah meneliti bahwasannya telah menunjukkan, kacang memiliki kandungan asam lemak tidak jenuh tunggal yang sangat membantu menurunkan kolesterol yang jahat di dalam darah. Dari semua hal jenis kacang, pilihan yang sangat baik untuk menghilangkan kadar kolesterol jahatyaitu kacang macadamia.

8. Apel
konsumsi satu buah apel dalam sehari sangat membantu untuk menjaga bagi kesehatan pembuluh darah dan juga jantung. Hal ini artinya satu buah apel yang berukuran sedang memiliki 4 gram serat larut yang sangat membantu untuk menurunkan kolesterol yang sangat jahat, atau juga sekitar 17 persen dari semua asupan yang telah direkomendasikan bagi yang sedang menurunkan kolesterol haruslah mengkonsumsi buah apel satu buah dalam harian.

9. Ikan
Ikan banyak memiliki kandungan zat yang postitif khusunya pada kandungan omega 3 yang terdapat pada ikan dan juga dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol, menjaga bagi pembuluh darah, serta dapat mengurangi risiko adanya penggumpalan darah. Salmon, sarden serta tuna kaya asam lemak omega 3, ikan tersebut menjadi pilihan yang terbaik pengganti daging ayam atau daging sapi.

10. Sayuran Hijau
Sayuran hijau memilki kaya gizi atau mengandung niasin dan vitamin B kompleks yang dapat mencegah pembekuan barteri. contoh sayuran yang menjadi pilihan yaitu : bayam, seledri, kapri, brokoli, sawi hijau, paprika.

11. Yogurt dengan Probiotik
Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa probiotik Lactobacillus acidophilus dan Lactobacillus reuteri benar-benar membantu menurunkan kolesterol. Mereka bekerja dengan mencegah reabsorpsi kolesterol kembali ke aliran darah.

12. Buah Delima
Sebuah studi oleh National Academy of Sciences (AS) menunjukkan bahwa jus buah delima mengurangi penumpukan plak kolesterol dan meningkatkan produksi oksida nitrat yang membantu mengurangi plak arteri.

13. Flaxseed oil 
Minyak biji rami dapat menurunkan tekanan darah pada laki-laki dengan kolesterol tinggi. Dalam studi tiga bulan terhadap 59 pria paruh baya, mereka yang mengonsumsi suplemen minyak biji rami setiap hari mengalami penurunan tekanan darah secara signifikan.

14. Alpukat
Lemak tak jenuh pada alpukat adalah jenis yang menyehatkan karena dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL Anda.

15. Minyak Kelapa 
Penelitian Dr. Mary Enig MS dari Nutritional Sciences dan penelitian lainnya menyebut bahwa minyak kelapa alami (non-hidrogenasi) meningkatkan kolesterol baik (HDL).

16. Bawang Putih 
Bawang putih memiliki efek positif pada kolesterol jahat Anda sembari menjaga kolesterol baik. Banyak uji klinis telah melihat peran dan manfaat bawang putih pada penyakit jantung, terutama dengan menurunkan kolesterol total, kolesterol LDL dan trigliserida. American Dietetic Association menyarankan supaya mendapatkan manfaat kesehatan bawang putih, kita harus mengonsumsi 600 – 900 mg (sekitar 1 siung segar) per hari.

17. Kedelai
Produk kedelai seperti susu kedelai, tahu dan tempe tidak hanya mengurangi kolesterol Anda, tetapi juga kaya protein.

18. Buah Anggur
Buah anggur merah meningkatkan kolesterol baik. Dianjurkan untuk minum dua gelas jus anggur setiap hari.

19. Blueberry 
Blueberry mengandung sejumlah besar zat yang melawan kolesterol jahat. Senyawa dalam blueberry (pterostilbene) dapat membantu menurunkan kolesterol seefektif obat komersial dengan efek samping yang lebih sedikit.

Dengan demikian kami paparkan tips untuk menurunkan kolesterol yang jahat di dalam tubuh bagi penderita kolestrol.
Diberdayakan oleh Blogger.