Header Ads

5 Tips Mengatasi Bibir Bengkak

Aisha News - Bibir bengkak adalah pembesaran abnormal pembengkakan dapat tiba tiba muncul akibat adanya shok atau trauma yang terjadi akibat pada jaringan lunak pada bibir. Untuk alasannya dikarenakan masalah yang antara lain adalah kondisi iklim yang cukup ekstrim, infeksi virus, dehidrasi, gigitan serangga, kekurangan nutrisi, alergi pada jenis-jenis makanan tertentu.
Supaya bibir bengkak tersebut dapat hilang atau Mengatasi Bibir Bengkak lihatlah tips berikut ini :

1. Menggunakan Kunyit. Bubuk kunyit banyak digunakan sebagai alternatif penyembuhan dikarenakan banyak memiliki sifat antiseptik dan antibody yang alami. Untuk mengobati atau mengatasi masalah bibir bengkak cobalah anda membuat sebuah pasta serta campurkan bubuk kunyit dan tambah sedikit air dingin. Oleskan pasta kunyit tersebut diatas pada bibir yang bengkak dan biarkan sampai mengering, bersihkan dengan menggunakan air hangat. Lakukan hal tersebut sebanyak 2 kali dalam sehari dengan jangka waktu dalam beberapa jam. Tips tersebut banyak diketahui ampuh dalam mengatasi mencegah infeksi serta rasa sakit yang  berlanjutan.

2. Menggunakan Lidah Buaya. Gel di dalam batang pada daun lidah buaya yang bersifat dingin serta merupakan anti-inflamasi yang sangat alami dan ampuh. Lidah buaya tersebut sangat efektif dalam mengurangi pembengkakan pada bibir. Ambil getah yang berbentuk gel bening pada bagian tengah daun tanaman lidah buaya lalu ambil dan oleskan ke bibir yang sudah  bengkak dan dipijat secara perlahan-lahan lalu biarkan beberapa saat dan bersihkan menggunakan air hangat. Lakukanlah perawatan tersebut hingga 3 atau 5 kali dalam sehari.

3. Menggunakan Teh Hitam. Anda tentu sudah biasa meminum teh menggunakan teh celup pada gelas. Kengapa dapat mengatasi pada bibir yang bengkak? Teh hitam tersebut diketahui banyak mempunyai kandungan zat aktif yang bernama tanin. Celupkan 1 wadah teh ke air yang hangat kemudian angkat dan biarkan dingin lalu tempelkan teh diatas bibir yang bengkak selama 15 menit. Ulangi sampai 5 atau 7 kali dalam sehari supaya bibir bengkak hilang.

4. Menggunakan Kompres Dingin. Sangat efektif menghilangkan pada sakit kepala dengan dikompres dingin serta ampuh juga untuk menghilangkan bibir bengkak. Ambil beberapa es batu dengan menggunakan kain yang lembut dan bersih lalu tempelkan pada bagian bibir sekitar 15 menit, kemudian tunggu dan angkat lalu ulangi lagi pada prosesnya. Lakukan higga bibir terlihat dan terasa mengempis. Perhatian! Jangan langsung menggunakan es batu diatas bibir anda, es tersebut harus dibungkus terlebih dahulu menggunakan kain lembut.

5. Menggunakan Kompres Hangat. Cara penggunaannya sama halnya seperti kompres yang dingin, cara tersebut cukup ampuh untuk penanganan yang utama dalam mengatasi pada bibir bengkak. Kompres hangat tersebut dapat meringankan dan melancarkan pada aliran darah supaya tidak menumpuk di area bibir, kemudian hal tersebut akan membantu dalam mengurangi akan terjadinya pembengkakan atau peradangan. Rendamlah waslap pada air panas kemudian peras supaya tidak kelebihan air, lalu tempelkan pada bibir selama 15 menit.

Kesimpulannya adalah selain mencoba beberapa tips cara menyembuhkan bibir bengkak diatas, anda pun harus mengatur pola hidup sehat dan menu makan yang membuat dalam merugikan anda dalam kehidupan sehari-hari. Masalah pada bibir bengkak terjadi secara terus menerus maka anda disarankan segeralah memeriksakan ke dokter terdekat anda.
Diberdayakan oleh Blogger.