Header Ads

7 Tips Melatih Anak Mengkonsumsi Buah Saat Berpuasa

Aisha News - Pada bulan ramadhan tentunya orang tua harus mendidik supaya anak belajar berpuasa daa bagaimana supaya orangtua dapat mengajak anak anaknya berpuasa yang baik dan sehat serta menyenangkan? Anak belajar berpuasa sebaiknya sejak pada umur berapa yah?

Meskipun puasa pada sekarang ini sudah berlangsung tetapi orang tua harus mengajarkan cara puasa dengan baik kepada anaknya sehingga nantinya terbiasa berpuasa.

Puasa yang sehat adalah meimiliki porsi makanan yang mencakup empat sehat serta lima sempurna. Psikolog pada anak di sebuah Lembaga Psikologi pada Terapan Universitas Indonesia, telah mengungkapkan bahwa Vera Itabiliana menjelaskan tidak ada batasan pada seorang umur anak supaya belajar berpuasa. Oleh karna itu Orangtua sudah dapat mengajarkan puasa pada usia 6 sampai 7 tahun.

Namun pada usia sebelumnya anak sudah dapat diajarkan supaya berpuasa dilakukan secara berangsur angsur. Contohnya pada puasa dalam dua jam atau tiga setelah itu buka. Dari waktu puasa dalam 2 jam terus melakukan lagi puasa 5 jam atau puasa setengah hari hingga puasanya penuh sampai adzan maghrib. Untuk anak berusia 6 sampai 7 tahun mereka sudah dapat puasa satu hari penuh.

Mengajak anak tidaklah mudah supaya berpuasa atau supaya makan buah dan sayuran. Oleh sebab itu pada waktu menjalankan puasa anak sangat membutuhkan berbagai nutrisi yang diperlukan demi pertumbuhan optimal.

"Prinsip penting yang diperhatikan orang tua untuk melengkapi berbagai makanan pada anak khususnya buah dan sayuran, pada saat berbuka puasa maupun saat sahur. Jangan berlebihan pada makanan yang berlemak serta makanan yang manis manis yang disajikan pada anak. Rubah makanan yang manis atau minuman yang berlebihan diganti dengan buah buahan. Pilihlah buah yang meiliki banyak serat supaya dapat membantu pada anak supaya kenyangnya lebih lama serta tetap menjaga stamina dan kesehatan pada saluran pencernaan," ungkap Fiastuti Witjaksono, sebagai dokter spesialis gizi di klinik FKUI, pada sebuah acara talk show Puasa yang sehat untuk buah hati di wilayah Kebayoran Baru, dikutip lifestyle.bisnis.com Selasa (23/6/2015).

Penelitian yang dilakukan oleh sebuah University of Otago telah menemukan bahwa konsumsi jenis varian buah kiwi gold 2 buah dalam sehari dapat mengurangi pada mood buruk serta dapat mengurangi pada kelelahan dan depresi selain itu dapat menaikan stamina dan semangat.

Sebagian para anak susah mengonsumsi buah buahan. Tentunya perlu tips dan trik yang khusus supaya para anak menyukai jenis buah dan sayuran.

Vera telah memberikan saran supaya anak mengkonsumsi buah dan sayuran pada saat puasa Ramadan
1. Orang tau harus memberikan contoh terlebih dulu untuk anak serta memperlihatkan orangtua pun sangat senang memakan buah dan sayuran.
2. Ajak para anak supaya terlibat langsung saat menyajikan buah dan sayuran dan membuatknya sebagus mungkin.
3. Pada tampilan haruslah semakin menarik supaya anak ingin menyicipi jenis buah dan sayuran.
4. Pilihlah jenis buah yang mudah sekali dimakan dan di cerna anak seperti pada buah kiwi supaya tidak merasakan repot serta sulit pada saat memakan buah dan sayuran.
5. Ceritakan dalam kandungan dan manfaat dari buah tersebut yang baik pada kesehatan.
6. Gunakanlah ungkapan yang sederhana yang dikemas pada bentuk dongeng yang menarik.
7. jika anak sudah berhasil mengkonsumsi buah dan sayuran maka dari itu berilah anak reward supaya merasa bangga jika berhasil pada makan buah dan sayuran.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.