Header Ads

Alternatif Penyembuhan Penyakit Alergi dengan 6 Cara Alami

Aisha News, Jakarta - Bagi anda yang mempunyai penyakit alergi disarankan untuk mencoba tips kesehatan berikut ini. Penyakit alergi memang kerap menjadi halangan tersendiri dimana kita ingin mengkonsumsi semua makanan sesuka hati. Karena alargi ini, kita harus hati hati dalam memilih jenis makanan untuk asupan gizi ke dalam tubuh.

Biasanya penyakit alergi lebih khususnya alergi kulit lebih umum terkait gejala berikut yaitu kemerahan pada kulit, ruam, kulit terbakar, terjadi perubahan warna kulit serta pembengkakan pada bagian tertentu. Alergi dapat mempengaruhi setiap bagian dari tubuh kita. Sebagai contoh penggunaan kosmetik serta makanan tertentu seperti kacang dan kerang merupakan penyebab paling umum terjadi dari alergi pada kulit.

Tinjauan dan pengobatan dari segi medis biasanya dokter kulit akan memberikan resep obat antibiotik serta krim untuk mengobati alergi. Namun, ada baiknya Anda juga dapat mencoba solusi alternatif secara alami dan sederhana untuk mengobatinya di rumah. Seperti hal berikut ini :

1. Minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan pelembap alami yang kaya akan kandungan vitamin E serta antioksidan, yang khasiatnya sebagai penyembuhan dan pembaharuan kulit. Cara pengobatannya yaitu campurkan madu ke dalam mangkuk minyak zaitun serta menerapkan campuran ini pada ruam langsung, hal tersebut dilakukan untuk mencegah gatal-gatal.

2. Lidah Buaya

Tak hanya digunakan sebagai shampoo, ternyata Lidah buaya memiliki manfaat menakjubkan yakni kaya akan kandungan anti-inflamasi, antibakteri serta antijamur yang baik bagi kulit Anda. Kalau digunakan secara teratur lidah buaya bisa membantu penyembuhan serta mengurangi kemerahan ruam. Cara penggunaannya yaitu dengan mengambil ekstrak lidah buaya segar gel dari daun tanaman serta membalurkannya pada daerah yang terkena alergi langsung. Langkah selanjutnya setelah dibalurkan yaitu biarkanlah selama 30 menit serta kemudian mencucinya menggunakan air biasa. Cara tersebut diulangi sebanyak tiga kali sehari untuk menyingkirkan alergi kulit Anda secara maksimal.

3. Kompres

Gatal serta bengkak pada bagian tertentu pada tubuh yaitu gejala yang paling tidak nyaman dari alergi kulit. Anda harus tahu cara pengunaannya secara baik untuk menyembuhkan ketidaknyamanan alergi yaitu dengan cara menerapkan kompres dingin pada daerah yang terkena. Kemudian, tempatkan 3 sampai 4 es batu dalam kantong plastik serta letakkan pada kulit yang tekena. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ulangi langkah ini 3 sampai dengan 4 kali sehari untuk mendapatkan penyembuhan secara cepat. Anda juga bisa mencelupkan saputangan katun ke dalam mangkuk air dingin kemudian letakkan di daerah yang terkena.

4. Daun Mint

Tak hanya membuat segar, ternyata daun mint dapat digunakan untuk mengurangi pembengkakan serta meredakan pada daerah terkena luka bakar. Cara yang jitu tapi alami yaitu Anda hanya perlu menghancurkan daun segar yang ditumbuk. Kemudian menorehkannya pada kulit Anda. Biarkanlah penyebuhan tersebut selama 30 menit serta kemudian bilas.

5. Lemon

Buah yang satu ini bagus untuk tubuh dan banyak khasiatnya. Cara pengobatannya yaitu Lemon dikemas dengan vitamin C serta memiliki sifat pemutihan juga,  menjadikan khasiat lemon sebagai salah satu solusi alami terbaik untuk masalah kulit yang alergi. Caranya yaitu cukup mengoleskan jus lemon pada daerah yang terkena serta biarkan sampai kering. Pada awal - awal mungkin akan membakar kulit, tetapi lemon akan menyembuhkan gatal dengan segera. Tahap akhir jangan lupa untuk membilasnya dengan air sampai bersih.

6. Baking Soda

Kegunaan baking soda dapat mempercepat proses penyembuhan pada kulit dengan menyembuhkan peradangan yang terkait dengan gejala alergi. Langkah - langkahnya yaitu tambahkan satu bagian baking soda setidaknya ke tiga bagian air serta aduk rata. Kemudian oleskan campuran itu pada kulit yang terkena serta biarlah selama kurang lebih 15 menit. Untuk khasiat yang lebih maksimal maka lakukanlah pengobatan ini sekali dalam sehari. Sebenarnya ada pilihan lain yaitu dengan mencampur baking soda ke dalam minyak kelapa serta menerapkan campuran ini ke kulit Anda selama tak kurang lima menit. Ulangi langkah ini dua kali sehari untuk mengobati alergi kulit Anda secara alami dan tidak ada efek samping.

Demikianlah ulasan tentang penyembuhan penyakit alergi secara alami. Pengobatan secara rutin dan terus - menerus akan lebih baik untuk mendapatkan kesembuhan total.
Diberdayakan oleh Blogger.