Header Ads

Antusiasme WNI Di Kairo Sambut Pileg

Aisha News - Warga Negara Indonesia (WNI) yang tengah berada di Mesir saat ini antusias karena mengikuti pemilihan umum legislatif (pileg) yang akan diselenggarakan pada Sabtu (5/4/2014). Menurut dari laporan seorang wartawan Harian, para WNI itu berbondong-bondong menuju ke tempat pemungutan suara (TPS) di halaman Kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kairo.

Tercatat ada sekitar 4.492 WNI yang memiliki hak suara. Mayoritas dari WNI tersebut adalah mahasiswa dari Universitas Al-Azhar. Mereka mencoblos surat suara pada sembilan TPS di halaman KBRI.

Tampak tenda ciri khas Mesir telah terpasang rapi, kursi-kursi berjajar, dan bilik-bilik, serta kotak-kotak suara TPS di sana. Sementara itu, para petugas dari PPLN beserta dengan jajarannya dengan mengenakan pakaian rapi berdasi siap menerima kedatangan WNI yang akan menggunakan hak pilihnya tersebut.

Untuk pembuka, Nurfaizi Suwandi, Dubes RI untuk Mesir, memulai seremonial pelaksanaan pemungutan suara dengan menggunakan hak pilihnya pada TPS 6. Dubes RI tersebut berpesan kepada WNI agar setiap warga Indonesia dapat dengan bebas menggunakan hak pilih suaranya dan mencoblos partai atau orang pilihannya sendiri yang akan duduk sebagai wakil rakyat nanti.

Dubes telah menekankan bahwa pihaknya secara serius akan mendukung pelaksaan pemilu untuk memberikan ruang bagi WNI dalam menyalurkann aspirasinya. Untuk lebih lanjut lagi, Dubes juga telah menjelaskan mengenai persiapan yang dilakukan oleh PPLN, termasuk dalam melakukan sosialisasi kepada para pemilih di Mesir.

Selain itu, pada saat berkeliling menyapa para pemilih, Dubes juga telah mengungkapkan bahwa Pemilu dapat menjadi ajang silaturahmi dan kekeluargaan bagi seluruh WNI yang sedang berada di Mesir.

Pada beberapa kesempatan pemilu sebelumnya, KBRI di Kairo memiliki pengalaman yang baik dengan tingginya tingkat partisipasi WNI para pemegang hak suara. Dalam pemilu pada tahun 2009 yang lalu, tidak kurang dari 65 persen pemegang hak pilih telah menggunakan hak pilihnya di KBRI Kairo. Pada tahun tersebut, rata-rata jumlah tingkat penggunaan hak pilih WNI di luar Negeri mencapai angka 22 persen.

Uniknya, penyelenggara pileg di KBRI Kairo telah menyediakan jemputan yang disediakan menuju TPS, serta makan siang bagi pemilih, juga menyelenggarakan sebuah pengundian door prize berupa beberapa laptop, handphone serta hadiah-hadiah lainnya.
Diberdayakan oleh Blogger.