Header Ads

Australia Akui Kesalahan Karena Melanggar Wilayah Kedaulatan RI

Aisha News - Akibat telah melanggar wilayah kedaulatan Republik Indonesia. Kapal yang beroperasi menjaga perbatasan dilaporkan tidak sengaja masuk ke wilayah perairan Republik Indonesia.

Scott Morrison, Menteri Imigrasi Australia mengatakan bahwa ia menerima pemberitahuan pada hari Rabu (15/01/2014) apabila kapal mereka yang sedang bertugas menjaga perbatasan masuk ke dalam wilayah perairan Indonesia, bahkan dilakukan beberapa kali.

Morrison juga menegaskan bahwa masalah ini dilakukan karena kesalahan navigasi dan melanggar kebijkan pemerintahan Australia. Selain itu dilaporkan bahwa Admiral Griggs, Staf Angkatan Laut Australia, telah melakukan panggilan telepon kepada KSAL Indonesia pada hari Kamis (16/01/2014) untuk memberikan penjelasan.

Morrison juga mengatakan, bahwa Bishop, Menteri Luar Negeri, juga berusaha berbicara dengan Menlu Indonesia, Marty Natalegawa pada hari Kamis, untuk menjelaskan pembicaraan yang dilakukan para pejabat angkatan llaut dari kedua Negara dan menyampaikan permohonan maaf kepada Indonesia atas nama Pemerintah Australia.

Morrison mengungkapkan bahwa Australia masih tetap berkomitmen untuk menghormati kedaulatan wilayah dari kedua Negara. Selain itu ia juga menegaskan bahwa Pemerintah Australia akan berusaha agar tidak melakukan kesalahan dan kembali melanggar wilayah kedaulatan Indonesia untuk yang kesekian kalinya.

"Kami sebagai pemerintah telah menganggap bahwa kesalahan operasional tersebut sebagai salah satu masalah yang sangat serius," ungkap Morrison dalam sebuah wawancara pada hari Jumat (17/01/2014).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.