Header Ads

Bangkok Berada Dalam Status Darurat

Aisha News - Pemerintahan Thailand telah mengeluarkan status darurat untuk Kota Bangkok, Thailand. Keputusan tersebut dikeluarkanuntuk mengantisipasi aksi protes anti-pemerintahan yang telah melumpuhkan kota Bangkok.

Seperti yang telah dikutip dari Reuters, pada hari Selasa (21/01/2014), status darurat telah berlaku untuk waktu yang cukup lama, yaitu selama 60 hari atu dua bulan. Thailand telah menjadwalkan pemilu parlemen yang akan dilaksanakan pada 2 Februari 2014.

Dengan dikeluarkannya status darurat Bangkok, semua petugas keamanan memiliki wewenang untuk dapat menjalankan jam malam dan menangkap para demonstran tanpa tuntutan apapun. Petugas juga memiliki hak untuk melarang kegiatan pertemuan politik yang diikuti melebihi lima orang.

Kondisi di Thailand semakin memanas jelang pemilu parlemen bulan depan. Pihak anti-pemerintahan Thailand telah menolak untuk diadakannya pemilu dan telah menyerukan warga Thailand untuk menguasai kota Bangkok sampai pemilu dibatalkan.

Konflik politik di Thailand telah terjadi dari bulan November tahun lalu. Suthep Thaugsuban, seorang tokoh oposisi, mendapat dukungan dari massa dan telah berusaha untuk menggulingkan Perdana Meneteri Yingluck Shinawatra terkait kasus Thaksin Shinawatra, mantan Perdana Menteri Thailand sebelumnya.
Diberdayakan oleh Blogger.