Header Ads

Beras Merah Dapat Menahan Lapar Sehari Penuh

Aisha News - Apabila dibandingkan dengan nasi putih, mengonsumsi nasi merah saat makan sahur ternyata dapat membantu menahan lapar selama sehari penuh. Anjuran mengonsumsi nasi merah pun dilontarkan oleh Kementerian Kesehatan.

Seperti yang telah disampaikan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan oleh Prof dr Tjandra Yoga Aditama, ternyata nasi merah memiliki indeks glikemik yang lebih rendah sehingga gula darah dapat terjaga selama puasa.

"Untuk makan sahur, sebaiknya konsumsi beras merah dan roti gandum. Sedapat mungkin kurangi gorengan dan makanan santan. Buah dan sayur wajib dikonsumsi selalu," kata Tjandra melalui pesan elektronik yang diterima Liputan6.com, Senin (22/6/2015).

Manfaat kesehatan dari beras merah memang sudah tidak diragukan lagi. Situs kesehatan WebMD, telah melaporkan, beras merah dapat membantu mengontol kadar kolesterol serta memiliki kandungan vitamin B kompleks yang menjadi kunci terpenting dari proses berjalannya enzim-enzim dalam tubuh kita. Juga memiliki antioksidan yang berfungsi untuk mencegah kanker. Serta dapat melancarkan gangguan pencernaan seperti sembelit dan susah buang air.

"Untuk sehat, semua makanan boleh dikonsumsi tapi jangan berlebihan. Bila sakit, sesuaikan makanan dengan jenis penyakitnya," tukasnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.