Header Ads

Biaya Super Besar Dalam Pencarian MH370

Aisha News - Sudah satu bulan lebih sejak dinyatakan hilang, pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370 sampai saat ini masih belum ditemukan tanda - tanda keberadaannya. Tim pencari telah mengarungi ribuan kilometer di kawasan Samudra Hindia bagian selatan.

Berbagai armada dari beberapa negara turut membantu pencarian, Kapal, pesawat, dan kapal selam telah dikerahkan juga dalam mencari pesawat yang hilang dalam penerbangan dari Kuala Lumpur ke Beijing pada 8 Maret lalu itu.

Indonesia, Australia,China, Malaysia, Amerika Serikat, Inggris, Selandia Baru, dan Korea Selatan berkontribusi dalam pencarian.

Pencarian yang telah memakan waktu panjang itu sudah memakan biaya yang super besar, demi mendapatkan sumber daya besar. Akan tetapi, berapa sebenarnya biaya pencarian yang telah dikeluarkan itu, dan siapa yang membiayainya?

Hishamuddin Hussein, Penjabat Menteri Perhubungan Malaysia mengatakan kepada para wartawan bahwa biaya pencarian tidak menjadi masalah. Akan tetapi, pencarian dengan skala besar-besaran itu tidak murah.

Sampai sejauh ini biaya yang telah digelontorkan adalah antara 33 juta dollar AS sampai 42 juta dollar AS atau sekitar Rp 500 miliar, menurut peneliti senior studi maritim di Royal United Services Institute (RUSI), perkiraan Peter Roberts.

Biaya yang dikeluarkan tersebut sudah termasuk biaya bahan bakar, suku cadang, dan transportasi pasokan, serta relokasi staf.

Sebagian besa dari biaya itu ditanggung sendiri oleh negara-negara yang mengerahkan bantuan tersebut.

Australia contohnya, telah mengerahkan kapal angkatan laut, HMAS Success, dua minggu lalu. dalam Pengoperasian kapal itu memerlukan biaya 550.000 dollar Australia atau sekitar Rp 6 miliar dalam sehari. Menurut Departemen Pertahanan, pengoperasiannya sampai sejauh ini telah menelan biaya 7,7 juta dollar AS, dan itu baru biaya untuk satu kapal.

Kapal lain, HMAS Toowoomba, yang juga telah dikerahkan, memerlukan biaya sampai 380.000 dollar Australia per hari.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.