Header Ads

Cara Menghilangkan Pedas Di Lidah

Aisha News - Bagi Anda yang sangat menyukai makanan pedas, pasti tahu rasanya jika lidah masih belum terasa "membakar", Anda tentu akan menambahkan lagi rasa pedas tersebut agar dapat membuat Anda puas, menambahkan lagi taburan bubuk cabai atau sambel ke makanan.

Akan tetapi, ketika makanan pedas sudah habis, sensasi pedas tersebut dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama di lidah.

Untuk sebagian orang pasti menginginkan rasa pedas yang membakar di lidah cepat hilang. Dalam artikel berikut ini akan dibahas bagaimana cara agar rasa pedas dilidah dapat hilang dengan cepat. Untuk menetralkan kembali lidah dari sensasi pedas, cara paling mudah untuk dilakukan adalah dengan minum air.

Akan tetapi sebenarnya ada cara yang lebih efektif agar pedas tersebut cepat hilang. Berikut beberapa di antaranya :

1. Minum susu
Untuk dapat menghilangkan sensasi pedas di lidah, Anda dapat menggunakan susu putih tawar dan dapat dijadikan andalan. Menurut American Chemical Society, protein yang terkandung di dalam susu yang disebut kasein akan membantu untuk memecah ikatan capsaicin (senyawa yang memberikan sensasi pedas dari cabai) dengan reseptor saraf.

2. Makan satu sendok makan gula
Rasa manis dari gula dapat menetralkan pedas. Gula bergranulasi dan madu dapat mengurangi sensasi "membakar" yang dirasakan pada lidah. Gula juga dapat menyerap minyak pedas dan memberikan rasa berbeda pada lidah Anda.

3. Makan cokelat susu
Dengan makan cokelat merupakan cara yang cukup praktis untuk menghilangkan sensasi membakar dalam mulut. Lemak tinggi pada cokelat dapat membantu menghilangkan capsaicin di mulut karena senyawa itu mudah larut dalam lemak dibandingkan air. Cokelat susu lebih cepat menghilangkan sensasi pedas daripada cokelat hitam karena mengandung lebih banyak lemak.

4. Makan roti
Perlu Anda ketahui, sepotong roti dapat membantu menghilangkan sensasi "membakar" dari senyawa capsaicin, begitu juga dengan basi. Ini karena keduanya bisa membantu menyerap senyawa tersebut dari teksturnya yang kasar.
Diberdayakan oleh Blogger.