Header Ads

DNA Tertua Dari Manusia Yang Berumur 400 Ribu Tahun Ditemukan

Aisha News - DNA tertua manusia telah ditemukan dari tulangpaha nenek moyang manusia yang pernah hidup dan berjalan dibumi 400 ribu tahun lalu.

Tulang itu adalah milik Hominin, yaitu manusia purba, yang kita kenal dengan nama Homo Heldelbergensis. DNA tersebut akan menjadi hal yang yang terpenting dari misteri kisah evolusi.

Para Ilmuwan dapat merekonstruksi genom mitokondria ( mt ) dengan hasil nyaris sempurna dengan menggunakan tekhnik mengambil dan merangkai DNA.

Tekhnik tersebut hanya menggunakan 2 gram dari bubuk tulang saja. Hasil penemuan tersebut menjadi hal yang sangat tidak terduga. Temuan ini dipublikasikan dalam jurnal ilmiah Nature.

Dr. Matthias Meyer seorang Antropolog Evolusioner dari Max Planck Institute, Leipzig, Jerman mengungkapkan " Fakta tentang mtDNA dari hominin berbagi nenek moyang dengan Denisovan daripada Neanderthal sangat tidak terduga. Hal ini disebabkan kerangka mereka mirip fitur Neanderthal. " seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis ( 5/12/2013 ).

Direktur Max Planck Institute, Svante Paabo mengungkapkan, "Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa sekarang kita dapat mempelajari DNA dari nenek moyang manusia yang usianya ratusan ribu tahun,".

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.