Header Ads

Facebook Lite Dirancang untuk Koneksi Internet Lambat

Aisha News - Situs jejaring sosial Facebook dikabarkan membuat inovasi aplikasi yaitu aplikasi Facebook Lite untuk ponsel dengan spesifikasi harga terjangkau juga dengan kecepatan internet rendah / minim. Facebook Lite juga diklaim cocok untuk pengguna internet dengan koneksi lambat. Langkah yang dilakukan Facebook ini merespon keadaan masyarakat pada umumnya apalagi daerah terpencil yang masih belum maksimal tersentuh teknologi.

Aplikasi Facebook Lite resmi tersedia di toko aplikasi online seperti Google Play Store. Untuk mejalankannya di ponsel Android, aplikasi ini dapat dijalankan hanya sebesar 435 KB dan dapat dijalankan juga secara normal pada perangkat dengan RAM / memori sangat kecil. Versi regulernya, Facebook membutuhkan ruang penyimpanan atau free space sebesar 30 MB saja, belum lagi ditambah dengan Messenger untuk berkomunikasi via chating.

Sebenarnya keunggulan dan kelebihan utama Facebook Lite ini terletak pada tingkat konsumsi koneksi data yang jauh lebih sedikit. Jadi walaupun berada jaringan 2 G, pengguna internet dapat dengan lancar membuka aplikasi Facebook Lite. Facebook Lite hanya bisa dipakai untuk mengakses News Feed (berita berlangganan), Status Update, Foto dan Notification (pemberitahuan). Namun sayangnya untuk video masih belum memungkinkan.

Sebagaimana diungkapkan Vijay Shankar selaku Facebook Product Manager, “Lebih dari 875 juta orang di berbagai penjuru dunia mengakses internet lewat jaringan 2G. Kita ingin membuat sebuah pengalaman baru yang lebih baik bagi pengguna Facebook aktif di negara berkembang” ujarnya. Ia juga mengatakan bahwa "Lebih dari 1 miliar orang dari seluruh dunia mengakses Facebook menggunakan perangkat seluler dengan berbagai keadaan jaringannya. Banyak kawasan yang jaringan mobile-nya lambat sehingga akhirnya tidak bisa mendukung fungsionalitas," pungkasnya.

Seperti dikutip dalam laman online media sharing Cnet, baru - baru ini, Selasa (30/6/2015), aplikasi Facebook Lite memulai debut perdananya pada tanggal 4 Juni lalu dan tersedia merata di hampir seluruh negara Eropa. Dan seminggu sesudahnya, aplikasi ini pun menyambangi negara di Amerika Latin serta Afrika.

Sebelumnya Facebook sendiri telah memiliki aplikasi di Android. Namun dibuatnya versi Lite ini bertujuan untuk mengakomodasi dan mempasilitasi pengguna yang punya perangkat Android dengan harga yang kompetitif dan terjangkau. Lebih detail Shankar mengungkapkan pihaknya juga meluncurkan versi hemat data yang diklaim bisa bekerja dengan baik pada berbagai kondisi jaringan. "Versi ini dikreasikan untuk menghadapi beraneka ragam situasi agar bisa memberikan pengalaman akses yang lebih bisa diandalkan saat ketersediaan bandwidth jaringan sangat kecil," paparnya.

Namun bagi anda pengguna media sosial, sejauh ini belum ada keterangan apakah aplikasi ini bakal bisa di akses ke tanah air. Walaupun demikian kemungkinan besar akan juga tersedia. Mengingat proyek sosial internet.org yang juga dirintis Facebook telah hadir di Indonesia. Selain itu, banyak pemakai Facebook di Indonesia yang masih menggunakan Android versi low-end serta maasih terkoneksi jaringan 2G. Ya, kita tunggu saja kehadiraannya di Indonesia.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.