Header Ads

Hindari Gorengan Saat Menjalankan Puasa

Aisha News - Makanan yang diolah deng cara digoreng, kerap menjadi makanan favorit untuk rata-rata masyarakat. Tidak terkecuali pada saat kita melaksanakan puasa. Kenyataannya, makanan gorengan memang mudah diolah dan cepat disajikan, baik itu saat makan sahur ataupun berbuka puasa.

Tapi, apakah Anda menyadari bahaya akan makanan orengan apabila terlalu sering dikonsumsi saat berbuka atau sahur? Berikut penjelasannya.

Menurut Asep Ahmad Munawar SKM MKM, mengkonsumsi gorengan saat berbuka akan memperlambat proses pencernaan kita.

"Bukan tidak boleh mengkonsumsi gorengan, akan tetapi apabila dikonsumsi terlalu sering saat berbuka puasa, akibatnya akan buruk" ungkap Asep, yang juga adalah Ahli Gizi di Rumah SakitHasan Sadikin Bandung.

Lebih baik memilih makanan dengan kandungan karbohidrat murni yang bersumber dari makanan yang manis. Sesuai dengan sunah Rasul, salah satu makanan yang baik untuk berbuka puasa adalah buah Kurma.

Setelah perut kosong selama kurang lebih 14 jam, ada baiknya kita konsumsi makanan ringan dengan rasa yang manis. Makanan yang manis akan mempu beradaptasi dalam tubuh setelah berpuasa.

Asep juga menjelaskan bahwa sebaiknya kita mengkonsumsi protein saat sahur yang diketahui akan bermanfaat saat menahan lapar. Dan saat berbuka alangkah baiknya apabila kita tidak langsung mengkonsumsi makanan berat supaya perut tidak kaget, ungkap Asep.

Asep juga mengemukakan, bahwa makan sayur dan buah-buahan serta berolahraga saat berpuasa sangatlah baik.

Berikut daftar makanan dan minuman yang paling baik untuk menu berbuka puasa :

1. Air putih
2. Kurma
3. Buah segar
4. Daging sapi
5. Ayam
6. Ikan
7. Roti
8. Kacang polong dan Kacang panjang

Dan inilah makanan yang harus kita hindari :

1. Gorengan
2. Makanan pedas

Gorengan dipercaya tidak memiliki nutrisi yang cukup untuk tubuh. Justru gorengan sarat dengan lemak dan kolestrol. Makanan pedas juga berpotensi akan membuat lapisan perut menjadi sensitif setelah berpuasa.

Semoga Anda dapat mempertimbangkan kembali menu makanan yang akan disajikan saat berbuka, dan semoga informasi tersebut bermanfaat.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.