Header Ads

Iran Sukses Terbangkan Kera Ke Orbit Bumi

Aisha News - Sabtu (14/12/2013), Pemerintah Iran mengumumkan telah sukses memulangkan seekor kera kembali ke Bumi setelah memberangkatkan kera tersebut ke luar angkasa dalam uji coba keduanya tahun ini.

Hassan Rohani, Presiden Iran memberikan selamat kepada Ilmuwan yang telah terlibat dalam misi ini. Seperti dilaporkan oleh sebuah kantor berita IRNA.

"Atas kebesaran dan keagungan Tuhan serta berkat kerja keras para ilmuwan Iran, roket Pajohesh (riset) yang berhasil membawa kera kedua bernama Fargam (Harapan Baik) yang telah dikirim ke angkasa luar dan berhasil kembali ke Bumi dengan selamat," kata Rohani dalam pesan tertulisnya.

Beberapa laporan mengatakan roket tersebut terbang mencapai ketinggian 120 kilometer sembelum kembali turun. Sebuah Stasiun televisi pemerintah setempat menayangkan saat - saat peluncuran roket yang dinyatakan dilakukan pada Sabtu (14/12/2013) pagi.

Dalam tayangannya, terlihat sebuah helikopter yang membawa kapsul berisi kera. Tak lama setelah itu foto kera mengenakan pakaian merah diperlihatkan.

Bulan bulan Januari lalu, pemerintah Iran telah menyatakan sukses mengirim roket dengan berisikan kera bernama Pishgam ke orbit Bumi dan berhasil selamat kembali ke Bumi.

Presiden Iran sebelumnya, Mahmoud Ahmadinejad telah mempromosikan program luar angkasa Iran dengan besar. Dan bahkan Mahmoud mengatakan bahwa ia siap menjadi Warga Iran pertama yang menjadi " korban " untuk diterbangkan ke orbit Bumi.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.