Header Ads

Jepang Bantah Pencarian MH370 Kacau, Iran Belum Berikan Bantuan

Aisha News - Pemerintahan Jepang telah  menyanggah pernyataan bahwa operasi pencarian Malaysia Airlines MH370 yang dipimpin Malaysia telah berlangsung kacau. Pernyataan ini disampaikan langsung oleh Makio Miyagawa, Calon Duta Besar Jepang untuk Malaysia.

Menurut Makio, dari keterangan anggota tim SAR Jepang yang ikut operasi pencarian tidak ada pernyataan seperti yang telah diberitakan keluar dari anggota tim mereka.

"Ada sekitar 107 anggota tim SAR yang telah ditugaskan, mereka adalah anggota tim pertahanan dan pasukan penjaga pantai, dan tidak ada masalah apapun yang datang dari pihak Malaysia," ucap Miyagawa seperti dikutip dari Berita Harian, Selasa (18/3/2014).

"Kerjasama kami dengan pihak Malaysia telah berlangsung baik, mereka memberikan kami banyak informasi dengan tepat dan cepat. Jadi tidak ada alasan sama sekali untuk ada masalah bergabung dalam operasi ini," tambah dia.

Tidak hanya itu, Miyagawa sendiri menjelaskan bahwa Pemerintah Jepang tidak akan menghentikan operasi pencarian tersebut. Bahkan Jepang menegaskan, akan melanjutkan dan memperluas bantuan pencarian MH370 sesuai dengan perkembangan terbaru yang ada.

Lebih dari sepekan pencarian Pesawat Malaysia Airlines MH370 telah berlangsung. Saat ini pencarian lebih difokuskan kepada sejumlah hal.

"Hal tersebut adalah termasuk pengempulan informasi data satelit dan radar, penambahan personil pencarian di laut, darat dan udara, serta penambahan ahli pencarian," ujar Datuk Seri Hishammuddin Hussein, pejabat sementara Menteri Transportasi, seperti dikutip dari Bharian, Rabu (18/3/2014).

Selain itu, Hussein juga turut menjelaskan pencarian disetiap koridornya telah dilakukan perluasan. Perluasan terjadi sekitar selebar tujuh kuadran.

Sampai lebih dari sepekan pencarian hampir seluruh daerah yang diduga sebagai tempat terkakhir sebelum MH370 hilang kontak sudah diinvenstigasi. Akan tetapi, jejak misterius dari MH370 masih belum dapat ditemukan.

Pemerintah Malaysia sendiri menyatakan bahwa mereka akan terus melakukan pencarian sampai jejak MH370 tersebut diketahui. Sampai saat ini sudah 26 negara yang ikut dalam membantu Malaysia berupaya mencari kejelasan MH370.

Di lain pihak, Pemerintah Malaysia belum meminta bantuan langsung kepada Iran untuk turut terlibat dalam pencarian Malaysia Airlines MH370. Alasan Negara ini belum ikut membantu pencarian MH370 dikarenakan sebelumnya sempat menjadi sorotan karena ada dua penumpang yang dicurigai sebagai penumpang gelap dari MH370 berasal dari Iran.

Pernyataan ini disampaikan langsung oleh Datuk Seri Anifah Aman, Menteri Luar Negeri Malaysia. Pernyataan Aman dilontarkan saat dilakukan jumpa pres mengenai perkembangan pencarian MH370 di Kuala Lumpur.

"Iran belum dapat terlibat dalam operasi pencarian Pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang dikarenakan untuk saat ini bantuan dari negara itu belum ditemukan," ungkap Aman, seperti dikutip dari Berita Harian.

Saat ini pencarian MH370 masih dipusatkan dalam beberapa bagian seperti samudera Hindia dan beberapa wilayah lainnya. Akan tetapi, upaya pencarian ini masih belum menemukan hasil yang signifikan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.