Header Ads

Klaster Cabai Cigedug Dikembangkan oleh BI

Aisha News - Pengembangan klaster cabai sekarang ini bahwasannya untuk sebuah pengendalian inflasi yang semakin banyaknya tingginnya harga cabai sekarang ini di pasaran, yang di ungkapkan oleh Nita Yosita, Deputi Kepala Kantor dari Perwakilan Bank Indonesia di Wilayah VI.

Di wilayah VI (BI) akan merencanakan sebuah cara baru yang akan memperluas klaster pada bahan pokok cabai di daerah Garut pada 2014 mendatang, BI akan mengembangkan program untuk pembuatan bahan pakan ternak dari sumber limbah dari pertanian jagung di daerah Cikelet.

"Nantinya pengiling akan dikembangkan di sejumlah desa lainnya, masih di daerah Kabupaten Garut. Wilayah Kabupaten sudah banyak terbukti yang menghasilkan cabai yang  berkualitas. Dan kami pun akan segera melakukan hal sama pada klaster bawang di dareah Cirebon serta klaster lainnya," ungkap Nita sesudah membuka acar pelatihan pembuatan pada pakan ternak dari sejumlah limbah jagung di daerah Kecamatan Cikelet (17/12/2013) Selasa.

Kantor Perwakilan BI di Wilayah VI telah menyerahkan sejumlah mesin pencacah,  mixer serta pemipil, dalam segi pembuatan pakan ternak yang ditujukan kepada Koperasi Unit Desa (KUD) Mandiri daerah Cikelet. Yang bekerja sama dengan sejumlah Dinas Peternakan Daerah Provinsi Jabar.

Selanjutnya dari limbah jagung yang belum maksimal untuk dipergunakan secara maksimal pada penerapan mesin pencacah, mikser serta pipil, para petani pun membuat sejumlah pakan ternak dari sejumlah limbah dari pertanian jagung.
Diberdayakan oleh Blogger.