Header Ads

Langkah Sehat Dalam Proses Peracikan Kopi

Aisha News - Kopi adalah minuman yang sangat disukai bukan hanya oleh kaum laki - laki, namun perempuan juga sangat menyukai minuman yang satu ini. Selain nikmat dan menghangatkan, kopi diketahui memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Menurut sebuah studi dari University of Scranton, kopi merupakan sumber antioksidan, kita pasti mengetahui manfaat antioksidan tersebut, yang sangat baik sehingga ketika kita minum sejumlah kecil cangkir kopi dalam sehari diketahui dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2, alzheimer, bahkan penyakit kanker prostat.

Akan tetapi, untuk mendapatkan khasiat dari kopi, pengolahannya juga sangat menentukan dari manfaat yang akan kita dapatkan. Mulaidari cara memanggang, menyimpan, menyeduh, sampai meminumnya sangat berpengaruh terhadap cita rasa serta manfaat dari kopi itu sendiri.

Dalam artikel kali ini, akn dibahas mengenai langkah - langkah pengolahan kopi yang baik. Berikut merupakan langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk membuat kopi lebih sehat untuk diminum :

1. Memanggang
Dalam proses pemanggangan, kopi sangat berhubungan dengan proses pengubahan asam pada kopi menjadi zat antioksidan. Perlu kita ketahui, semakin cerah warna biji kopi yang sudah melalui proses penyangraian, semakin tinggi kandungan antioksidan yang dihasilkan.
Menurut Direktur Vanderbilt University Institute for Coffee, Peter Martin, mengatakan, bahwa efek dari antioksidan pada kopi sangat berhubungan dengan senyawa yang disebut dengan asam klorogenat. "Memanggang biji kopi diketahui akan mengubah asam ini menjadi antioksidan. Akan tetapi, apabila kita terlalu lama memanggangnya, maka antioksidan yang terkandung akan rusak."

2. Menyimpan
Menurut hasil studi Food Chemistry, biji kopi yang telah disangrai mengandung antioksidan sehingga paparan udara akan dapat merusaknya. Itulah sebabnya, dalam proses penyimpanannya harus disimpan secara khusus. Biji kopi panggang harus disimpan di dalam wadah yang kedap udara. Dan ketika akan dipakai, baru biji kopi akan digiling.

3. Menyeduh
Dalam penyeduhan, para peneliti dari Italia telah menemukan lima metode penyeduhan kopi yang sangat berbeda dan telah menemukan cara menyeduh moka, espresso, dan neapolian akan membantu menambah kadar dari antioksidan yang terkandung pada kopi dibandingkan dengan metode penyaringannya. Apabila terlalu pekat, maka hasil dari seduhan dapat ditambahkan air sehingga jadilah kopi americano.

4. Meminum
Tahukah Anda bagaimana cara meminum kopi yang paling sehat? Kopi "Hitam, tanpa tambahan gula. Perlu Anda ketahui bahwa Nutrisi yang terkandung dalam kopi akan rusak ketika ditambah dengan bahan lain ke dalamnya," ungkap Martin.

Walau begitu, Anda tetap dapat menambahkan kopi dengan kayu manis untuk menambah cita rasa lain pada kopi. Menurut hasil dari penelitian juga telah menunjukkan, bahwa kadar antioksidan dalam kopi dapat berkurang Apabila dicampur dengan susu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.