Header Ads

Makanan dan Minuman Antioksidan Pencegah Kanker Prostat

Aisha News - Hidup sehat merupaka dambaan setiap orang. Salah satu cara untuk hidup sehat adalah dengan mengatur pola makan dan jenis makanan itu sendiri. Pastinya kita tidak ingin mempunyai penyakit dalam diri kita. Salah satu penyakit yang termasuk penyakit berbahaya yaitu kanker prostat.

Kanker prostat menjadi penyakit yang ditakutkan khususnya bagi para pria. Namun tentunya ada penyakit tentu ada obatnya. Diantara sekian banyak makanan, terdapat jenis makanan kaya antioksidan yang kandungna gizinya dapat mencegah terjadinya pertumbuhan sel kanker. Berikut ini daftar lima makanan serta minuman yang baik disarankan untuk melawan terjadinya sel kanker, sebagaimana dilansir laman Askmen, Jumat (03/07/2015).

Tomat
Para peneliti menyimpulkan Kandungan lycopene pada tomat memiliki sifat anti kanker. Tomat juga termasuk dapat meningkatkan aktivitas antioksidan dalam tubuh, menginduksi kematian pada sel kanker, menghambat pertumbuhan serta penyebaran sel-sel kanker, dan meningkatkan produksi enzim yang dapat melindungi sel-sel kanker, termasuk prostat. Jika melihat kegunaannya maka tomat wajib anda konsumsi.

Brokoli
Brokoli juga sayuran lainnya mengandung senyawa yang dikenal sebagai glucosinolates, yang dianggap mempunyai tanggung jawab atas efek tumor. Dalam sehari, disarankan anda setidaknya makan tiga sampai empat porsi brokoli yang dimasak dengan cara dikukus untuk mendapatkan manfaat gizi secara lengkap.

Ikan
Ikan Salmon, mackerel serta sarden ternyata kaya akan lemak sehat yang dikenal sebagai asam lemak omega-3. Hasil penelitian menyebutkan, asam lemak omega-3 DHA serta EPA dalam minyak ikan telah ditemukan untuk menghambat pertumbuhan tumor kanker.

Delima
Siapa yang tak kenal buah Delima, ternyata banyak manfaat dari buah mungil ini. Buah delima mengandung berbagai senyawa seperti fenolat catechin, flavonoid, serta antosianin yang fungsinya untuk melawan penyakit. Untuk mengkonsumsi buah delima sebaiknya di jus. Dari hasil penelitian para ahli, ada bukti yang menunjukkan bahwa jus delima bisa memperlambat perkembangan penyakit kanker prostat.

Teh hijau
Jenis meniuman ini merupakan minuman asli budaya Indonesi. Tentunya kita tahu bahwa teh hijau ini mempunyai banyak kegunaan untuk kesehatan. Salah satunya juga dapat mencegah terjadinya kanker prostat, hal ini karena teh hijau memiliki zat katekin yang mengandung senyawa antioksidan yang membunuh sel kanker.

Nah, tunggu apalagi untuk mulai hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan dan minuman di atas. Mencegah lebih baik daripada mengobati dan lakukan pencegahan dari sekarang sebelum terlambat.
Diberdayakan oleh Blogger.