Header Ads

Menteri Yuddy Chrisnandi Tunda Penerimaan CPNS Tahun 2015

Aisha News, Jakarta - Pemerintah pusat akan menunda seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk tahun 2015. Hal tersebut dikarenakan masih terdapat banyak kementerian, lembaga serta pemerintah daerah atau Pemda yang belum menyelesaikan kewajibannya dalam analisis jabatan (Anjab) serta analisis beban kerja (ABK) dan perencanaan kebutuhan pegawai dalam lima tahun kedepan.

Sebagaimana diutarakan Herman Suryatman selaku Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik (HUKIP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau KemenPAN-RB, “penundaan ini dilakukan untuk semua instansi pemerintah, supaya mematuhi ketentuan aturan perencanaan pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tertuang di dalam Undang-Undang ASN Nomor 5 Tahun 2014,” jelasnya, melaui siaran persnya baru - baru ini, Kamis (02/07/2015).

Kebijakan penundaan itu dituangkan dalam surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Yuddy Chrisnandi dengan nomor surat B/2163/M.PAN/06/2015 yang ditandatangani pada tanggal 30 Juni 2015.

Seperti diketahui, untuk instansi pemerintah pusat dari total 76 kementerian atau lembaga baru 18 yang menyelesaikan kewajibanya. Sedangkan tingkat pemerintah daerah (Pemda), dari total 572 Pemda hanya 72 yang sudah menyelesaikan kewajiban Anjab dan ABK 100 persen.

Selama penundaan ini, Menpan RB menyerukan agar kementerian, lembaga, serta Pemda untuk segera menyelesaikan Anjab dan ABK serta melakukan kalkulasi dan penghitungan kebutuhan pegawai yang terdiri dari enam prioritas.

"Keenam prioritas yang dimaksud tersebut yaitu meliputi kebutuhan pegawai dalam lima tahun kedepan, jumlah kebutuhan semua tingkat Jabatan Pimpinan Tinggi, jabatan tinggi pendukung, jabatan fungsional tingkat ahli, jabatan fungsional tingkat terampil, dan jugga nomenklatur nama jabatan pelaksana. Seluruh kelengkapan data tersebut harus dimasukkan ke dalam aplikasi online e-formasi dengan batas waktu hingga akhir bulan November 2015 di penghujung tahun ini” ujarnya.

Walaupun begitu, ada pengecualian bagi instansi yang memiliki lembaga pendidikan kedinasan yang saat pendaftaran mahasiswa telah mendapat izin dari MenPAN-RB dengan ketentuan harus mengikuti serta lulus tes kompetensi dasar (TKD).
Diberdayakan oleh Blogger.