Header Ads

Obama Berikan Dukungan Untuk Presiden Baru Ukraina

Aisha Newsa - Barack Obama, Presiden Amerika Serikat (AS) terlihat duduk bersama dengan Petro Poroshenko, pemimpin baru Ukraina. Obama mengatakan bahwa Ukraina dapat menjadi hidup, demokarasinya akan berkembang apabila masyarakat dunia berdiri di belakangnya.

Obama bahkan telah berjanji, Amerika Serikat akan memberikan dukungan baru Setelah pemerintahan Ukraina mengalami masa-masa yang rapuh dan mencari jalan keluar dari krisis.

"Orang-orang di Ukraina telah membuat pilihan yang bijaksana pada seseorang untuk memimpin mereka melalui periode ini," ungkap Obama setelah bertemu dengan Presiden terpilih Petro Poroshenko, seperti dilansir dari CBS News, Rabu (4/6/2014).

Bersamaan dengan pertemuan tersebut yang telah diselenggarakan pada Rabu ini, AS akan mengirim Kiev tambahan kurang lebih sebesar USD 5 juta atau setara dengan Rp 59 miliar (kurs Rp11.935) untuk menyokong peralatan militer Ukraina yang terus mengalami derita dan berjatuhan korban dalam konfrontasi dengan pihak pemberontak pro-Rusia, terutama di timur negara itu.

Gedung Putih mengatakan, untuk pertama kalinya bantuan akan mencakup pelindung tubuh dan alat kacamata night vision yang secara langsung akan membantu pasukan Ukraina saat mereka melawan kaum separatis. Sampai saat ini, AS hanya memberikan bentuk-bentuk bantuan berupa pakaian, makanan, dan radio.

Batch baru bantuan ini diikuti juga dengan pengumuman Obama sehari sebelumnya yang mengatakan bahwa AS berniat untuk memperkuat kehadiran militernya di Eropa Timur. Tak lama setelah tiba di Warsawa, Obama telah meminta Kongres untuk memberikan bantuan sampai USD 1 miliar atau setara Rp 11 triliun.

Bantuan tersebut adalah sebagai upaya untuk dapat meningkatkan penyebaran dan latihan militer di seluruh Eropa dalam keberangkatan yang signifikan selama lebih dari dua dekade terhadap kehadiran AS ke negara kecil di benua itu.
Diberdayakan oleh Blogger.