Header Ads

Pasukan Chad Ditarik Mundur Dari Republik Afrika Tengah

Aisha News - Kamis (3/4/2014), Pemerintah Chad telah mengumumkan perintah penarikan mundur pasukannya dari pasukan penjaga perdamaian Uni Afrika di Republik Afrika Tengah (RAT), setelah sebelumnya dituduh memihak kelompok Muslim yang berkuasa pada tahun lalu.

Chad saat ini telah menjadi sorotan terkait peristiwa yang terjadi pada akhir pekan lalu. Saat itu aksi kekerasan pecah dan berujung dengan 24 orang tewas dan 100 orang lainnya cedera serius. Para korban itu disebabkan karena "ulah" prajurit Chad yang bertugas untuk mengantarkan rekan-rekan mereka tersebut pulang dari RAT.

"Menyikapi tuduhan yang datang berulang kali, Chad akhirnya memutuskan untuk menarik mundur pasukan kontingen Chad dari pasukan Uni Afrika, MISCA," itulah pernyataan pemerintah Chad.

Pemerintah Chad juga menambahkan, bahwa keputusan dari langkah-langkah penarikan mundur pasukannya tersebut akan dibicarakan dan disepakati antara pihak Chad dan Uni Afrika. Lebih jauh lagi, pemerintah Chad menyatakan bahwa mereka sudah memberikan informasi langsung kepada presiden RAT, Uni Afrika, dan juga Sekjen PBB mengenai keputusannya tersebut.

Selama ini prajurit Chad memang telah dituduh berpihak pada pihak milisi Seleka yang didominasi warga Muslim, yang telah berkuasa antara Maret 2013 hingga Januari lalu. Prajurit Chad sudah dikabarkan tidak bereaksi lagi saat anggota milisi Seleka melakukan kekerasan terhadap warga RAT. Pemerintah Chad juga telah membantah semua tuduhan tersebut.

Disamping itu, pada Selasa lalu Presiden sementara RAT Cahterine Samba Panza, telah mengumumkan dibukanya investigasi terkait tewasnya 24 warga RAT yang diduga terjadi akibat aksi brutal prajurit Chad.

Sebelum itu, seorang perwira MISCA telah mengungkapkan bahwa para prajurit Chad terpaksa melepaskan tembakan setelah mereka diserang. Akan tetapi, pihak dari warga dan anggota milisi anti-balaka mengatakan bahwa prajurit Chad secara sengaja telah menembaki kerumunan warga.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.