Header Ads

Pemudik Sepeda Motor harus Menggunakan Masker Debu

Aisha News, Cilacap - Memperingatkan kepada pemudik yang menggunakan sepeda motor melintasi pada jalur selatan Jawa Tengah supaya mewaspadai terhadap debu dikarenakan sekarang sedang berlangsungnya musim kemarau, oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

"Sesuai perkiraan, pada bulan Agustus ini adalah merupakan puncak pada musim kemarau. Lebaran pun musim kemarau," ungkap Teguh Wardoyo, Kepala Kelompok Teknisi Stasiun Meteorologi BMKG Cilacap, Selasa (07/07/2015).

Teguh telah mengungkapkan, para pemudik sepeda motor perlu mewaspadai atau mengantisipasi pada kondisi suhu udara saat berkendara yang dingin saat pagi hari dan debu bermunculan saat siang hari tiba dikarenakan musim kemarau saat ini telah berlangsung lama.

Ia pun telah memprakirakan bahwa pada kondisi suhu udara di sekitar wilayah Jateng selatan, bahwa secara umum telah berlangsung sangat kondusif pada suhu minimum yang berkisarkan antara 21-22 derajat Celcius serta suhu yang maksimum hingga 30-31 derajat Celcius.

"Kelembabannya yang rendah sehingga kondisi sangat kering," tuturnya.

Imbuhnya pada musim angin timuran yang sekarang ini masih berlangsung, sehingga angin bertiup pada jalur selatan Jateng akan datang pada arah timur sampai tenggara.

Menurutnya pada bulan Agustus nanti yang merupakan sebuah puncak musim angin dari timuran yang mengakibatkan angin kencang dengan berpotensi akan terjadi sepanjang jalur selatan, Jawa Tengah.

"Saat tiba puncak angin dari timuran, bahwa kecepatan angin bertiup maksimal sekitar 30 kilometer per jam, dapat meningkat pula sampai 35 kilometer per jam. Angin tersebut pada peningkatan untuk kecepatan angin bertiup sangat cenderung terjadi pada waktu siang hari sampai sore hari," tuturnya.

Oleh karena itu, Teguh telah mengimbau kepada para pemudik yang bersepeda motor supaya tetap menjaga kesehatan dan keseimbangan ketika melintasi jalur selatan Jateng yang terutama berada di kawasan persawahan serta pesisir pantai. "Jangan lupa menggunakan masker agar tidak menghirup debu," katanya. Dengan demikian para pengguna motor harus menggunakan pelindung supaya debu tidak terhisap. (Fitri Supratiwi/antaranews.com)
Diberdayakan oleh Blogger.