Header Ads

Pencari Suaka Asal Somalia Dan Sudan Ditangkap Kepolisian Indonesia

Aisha News - Sebuah perahu pencari suaka telah dipaksa kembali ke wilayah perairan Indonesia oleh Patroli Angkatan Laut Australia. Haltersebut dikabarkan terjadi pada liburan musim natal akan tetapi baru dilaporkan media baru - baru ini.

Laporan kantor berita Antara menyebutkan, 47 orang pencari suaka tersebut telah ditangkap polisi di pulau Rote, NTT, pada bulan lalu. Hidayat, seorang Kepala Kepolisian setempat telah menjelaskan, pencari suaka itu telah mencoba memasuki perairan Australia di Kepulauan Ashmore, namun patroli Australia berhasil mencegahnya dan memaksa mereka kembali ke perairan Indonesia.

Para pencari suaka yang umumnya berasal dari Somalia dan Sudan tersebut telah berangkat dari Sulawesi Selatan pada tanggal 8 Desember 2013 lalu. Mereka berhasil terdeteksi patroli Australia pada tanggal 13 Desember 2013 dan dipaksa kembali, tambah Hidayat.

Pemerintah Australia enggan memberi komentar dengan kejadian tersebut. Tapi, partai Buruh yang beroposisi dan juga Partai Hijau mendesak Pemerintahan Australia tidak menutupi masalah ini.

Tanggal 19 Desember 2013, kapal para pencari suska tersebut kandas akibat kehabisan bahan bakar. Dan disanalah Patroli Indonesia berhasil menjemput mereka.
Diberdayakan oleh Blogger.