Header Ads

PM Australia Optimis Hubungan Dengan RI Membaik

Aisha News - Tony Abbott, Perdana Menteri (PM) Australia mengutarakan keyakinannya bahwa hubungan bilateral Australia dengan Indonesia akan berangsur membaik meskipun setelah sebelumnya kedua negara tengah berada pada situasi yang menegangkan terkait ulah Australia yang melakukan penyadapan terhadap Negara Republik Indonesia.

Keyakinan Abbott tersebut disampaikannya setelah selesai melakukan pertemuan selama kurang lebih 40 menit dengan Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Batam, pada hari Rabu 4 Juni 2014, tepatnya pada hari ini. Kedua negara selama ini terus melakukan upaya untuk memperbaiki hubungan setelah pernyataan penyadapan melalui dokumen intelijen NSA yang dibocorkan oleh Edward Snowden.

"Mengenai Isu intelijen, saya percaya dan yakin akan diselesaikan melalui proses yang berlangsung antara Menteri Luar Negeri dari Indonesia, Marty Natalegawa dan Menteri Luar Negeri dari Australia, Julie Bishop," ungkap Abbott, seperti yang telah dikutip ABC Australia, pada Rabu (4/6/2014).

"Saya meyakini bahwa masalah ini dapat diselesaikan dengan sukses demi keuntungan kedua negara," tambahnya.

"Salah satu hal yang dapat dikatan hebat dalam hubungan ini (Australia-Indonesia) adalah ketika ada masalah kami langsung melakukan pembicaraan. Kami berbicara dan mengungkapkan segalanya dengan terus terang satu dengan lainnya dan ini yang terjadi antara saya dengan Presiden (SBY) hari ini," tambah Abbott.

Dalam keterangannya, Abbott telah menyebut bahwa sosok Presiden SBY sebagai negarawan senior di Asia Tenggara. "SBY adalah presiden yang sangat hebat dan sahabat yang begitu baik," Abbott menuturkan.

Pertemuan yang dilakukan di Batam tersebut berlangsung setelah Pemerintah Indonesia mengaku bahwa beberapa jurnalis diperbolehkan untuk mendengarkan pembicaraan melalui telefon antara SBY dan Abbott pada bulan lalu. Abbott menilai hal tersebut sebagai sebuah pelanggaran protokol yang sangat merugikan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.