Header Ads

Rencana Pelelangan Kapsul Angkasa Buatan Uni Soviet

Aisha News - Untuk siapa saja yang memiliki kekayaan yang lebih, memiliki keinginan untuk mengoleksi barang antik, dan sebagainya, tentu akan tertarik dengan sebuah rencana penjualan kapsul ruang angkasa milik Uni Soviet buatan 1970-an ini.

Di Rumah lelang Jerman, Lempertz, pada hari Rabu (23/4/2014), menyatakan, akan segera melelang kapsul ruang angkasa milik Uni Soviet tersebut dan berharap akan mendapatkan uang setidaknya sejumlah 1,4 juta euro atau sekitar Rp 22,5 miliar. Lelang itu sendiri telah dijadwalkan akan digelar pada tanggal 7 Mei mendatang.

"Kapsul tersebut dikembangkan pada masa perlombaan misi angkasa AS dan Uni Soviet dalam bagian Perang Dingin," demikian pernyataan dari rumah lelang tersebut.

Pada awalnya, sebuah perusahaan asal Inggris telah membeli kapsul itu dan kemudian dipergunakan untuk sebuah misi tanpa awak pada tahun 1978 dan kemudian digunakan untuk tujuan pelatihan.

Perusahaan tersebut kemudian memutuskan untuk menjual kapsul itu dan meminta rumah lelang Lempertz untuk menangani penjualan benda tersebut.

Kapsul itu telah diperbaiki dan semua bekas gesekan dengan atmosfer saat kembali ke Bumi dari misinya ke luar angkasa sudah dibersihkan dan kembali dalam keadaan yang cukup baik.

Saat ini, kapsul milik Uni Soviet itu sudah dicat kembali dengan warna putih yang cemerlang. Kapsul itu memiliki tinggi 2,2 meter, dengan diameter 2,8 meter, dan memiliki berat hampir dua ton.

Sebuah pintu yang berbentuk bulat dapat dibuka untuk memasuki kompartemen tempat para kosmonot duduk pada saat perjalanan mereka mengitari orbit Bumi.

Rumah lelang Lempertz juga menambahkan, bahwa penjualan kapsul ini sekaligus akan menandai pembukaan kantor perusahaan ini di kota Brussels, Belgia. Dan penjualan Vozvrashchayemi Apparat atau kira-kira berarti kapsul untuk kembali ke Bumi dapat cukup menarik perhatian.

Selain kapsul angkasa tersebut, Lempertz juga melelang panel pengendali kapsul dan ditambah dengan dua set pakaian angkasa. Masing-masing, diharapkan dapat menghasilkan uang setidaknya sampai 60.000 euro.
Diberdayakan oleh Blogger.