Header Ads

Swedia Ciptakan Kapal Selam Tak Terdeteksi Radar

Aisha News - Swedia mengembangkan kapal selam yang tidak dapat terdeteksi oleh radar musuh. Teknologi mutakhir ini merupakan inovasi pertama didunia dimana Negara Swedia mempunyai pengalaman yang panjang dalam pembuatan kapal selam berteknologi canggih.

Perusahaan asal Swedia tersebut yaitu Svenska Aeroplan AB (SAAB), meluncurkan sebuah kapal selam berteknologi paling canggih di dunia. Kapal berjenis A26 itu mempunyai teknologi terkini yakni lawan tidak dapat mendeteksi mereka ketika sedang berada di dalam air.

Kapal A26 juga dilengkapi sebuah teknologi, di mana pasukan khusus penyelam dapat masuk serta keluar kapal ketika sedang berada di bawah air. Untuk mengembangkan kapal selam ini Perusahaan itu mengeluarkan dana sebesar USD1 miliar untuk membuat dua kapal selam untuk Angkatan Laut Swedia.

Seperti diposting Daily Mail SAAB membuat pernyataan “Extreme siluman yaitu jantung dari kapal selam Kockums A26. Kapal itu berteknologi Genuine HOlistic Stealth (GHOST). Teknologi itu membuat Kapal Selam Kockums A26 tidak dapat terdeteksi oleh monitor radar musuh,” demikian pernyataan resminya seperti di muat laman tersebut, Jumat (03/07/2015).

Setelah berhasil membuat kapal selam A26, perusahaan asal Negara Swedia itu akan kembali mengembangkan dua kapal selam dengan tipe yang sama. Target penyelesaian dari proyek kapal selam ini diperkirakan akan selesai pada tahun 2024. Kapal itu memiliki panjang 207 kaki serta memiliki daya tahan menyelam dalam air selama 18 sampai 45 hari. Kapal selam ini menggunakan teknologi diesel-elektrik yang dilengkapi dengan Kockums Stirling AIP, yaitu sebuah sistem yang berfungsi untuk meningkatkan sistem siluman. Lebih lanjut dalam laman tersebut disebutkan "Swedia memiliki pengalaman yang panjang dalam merancang kapal selam yang tidak terdeteksi oleh musuh," pungkas perusahaan tersebut. Nampaknya teknologi kapal selam Swedia ini akan membawa pada kemajuan dunia pertahanan dunia.
Diberdayakan oleh Blogger.