Header Ads

Tips Sehat Menjalankan Puasa

Aisha News - Puasa adalah salah satu ibadah yang dilakukan oleh umat islam yang dilaksanakan selama 30 hari. Menurut pengertiannya, puasa merupakan kegiatan menahan diri dari hal hal yang membatalkan puasa termasuk makan dan minum. Pada saat kita berpuasa tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan air selama lebih dari 12 jam, hal ini bagi sebagian orang tentunya dapat mengakibatkan dehedrasi dan kondisi lesu pada tubuh.

Untuk dapat memperlancar ibadah pusa, tentunya kita membutuhkan kondisi tubuh yang prima, untuk itu bagi anda yang sering mngalami kondisi lesu dan dehedrasi pada saat berpuasa mungkin beberapa tips berikut ini dapat membantu permasalahan anda, selamat membaca:

Tips Tubuh Tetap Bugar Di Bulan Puasa

1. Menu sehat untuk sahur dan berbuka

Agar kondisi tubuh bugar pada saat berpuasa, Anda dapat mengatasinya dengan membuat daftar menu sehat untuk sahur dan berbuka. Menu yang akan anda buat harus terdiri dari makanan yang memiliki gizi dan serat yang tinggi, tujuannya adalah agar kebutuhan gizi anda tetap terpenuhi dengan baik selama berpuasa.

Hindari mengonsumsi junkfood saat sahur dan berbuka. Perlu anda ketahui bahwa junkfood memiliki dampak yang kurang baik untuk pencernaan anda, apalagi pada saat berpuasa seperti sekarang ini. Satu lagi, sebisa mungkin hindari untuk minum es terlalu banyak. karena es dapat memperlambat sirkulasi darah pada tubuh

2. Cukupi kebutuhan air putih

Saat berpuasa, tubuh akan kekekurangan banyak cairan sehingga akan menyebabkan dehidrasi. Olehkare itu, ketika kita sahur atau berbuka disarankan untuk benyak mengkosumsi air putih. Idealnya minumlah minimal 4 Gelas pada saat makan sahur dan 2 Gelas pada saat berbuka, sedangkan pada malam hari (sebelum tidur)

minumlah 2-3 Gelas lagi. Manfaat air putih ini selain pengganti cairan yang hilang juga berfungsi sebagai pembersih sistem sekresi lho, jadi anda dapat manfaat ganda.

3. Perbanyak makan buah dan sayur

Lengkapi kebutuhan vitamin dan gizi anda saat berpuasa, yaitu dengan rutin mengonsumsi buah dan sayur segar. Sayur dan buah akan memberikan banyak energi ketika Anda tidak makan selama berpuasa. untuk itu, pada menu makan sahur dan berbuka anda sediakanlah minimal 2 jenis buah untuk dikosumsi, seperti Apel atau semangka.

4. Jalani Sunnah Puasa

Makan sahur pada saat mendekati waktu imsak dan berpuka sesegera mungkin setelah matahari terbenam, adalah salah satu cara melaksanakan puasa yang baik, sementara itu kita juga disunahkan untuk berbuka dengan makanan yang manis seperti kolak atau kurma. Sebaiknya kita menjalani semua sunnah-sunnah tersebut karena menurut penelitian semua anjuran-anjuran tersebut danpaknya cukup baik bagi kesehatan anda.

5. Tetap berolahraga

Berpuasa bukan berarti kita harus berhenti berolahraga, tapi tidak pula memaksakan diri untuk melakukan olahraga-olahraga berat. Untuk itu agar tubuh anda tetap bugar lakukanlah olahraga ringat pada saat ngabuburit seperti bermain bulu tangkis, tenis meja atau jogging ringan, percayalah bahwa aktivitas-aktivitas tersebut dapat memperancar sirkulasi oksigen dalam tubuh sehingga tubuh andapun tetap prima.

6. Tidur Secukupnya

Selama bulan Ramadhan biasanya seseorang cenderung lebih banyak beraktivitas pada malam hari seperti menjalankan shalat Tarawih yang diteruskan dengan Tadarus Alquran. Namun ada juga yang malas-malasan dirumah dan terus tidur sepanjang hari. perlu diketahui, kekurangan tidur pada saat berpuasa dapat menyebabkan tubuh tidak prima lho, begitu juga jika anda terlalu banyak tidur.

Terlalu banyak tidur menyebabkan zat-zat glukosa tidak berfungsi dengan baik, akibatnya tubuhpun mengalami kondisi lesu dan lemah yang berlebihan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.