Header Ads

Tips Supaya Hemat Baterai Smartphone Android

Aisha News - Smartphone diketahui mengeluarkan daya energi baterai lebih besar dari pada ponsel biasa. Meskipun pembuat smartphone menyediakan handset dengan adanya kapasitas kekuatan terhadap baterai yang beragam, namun pada pemakaian smartphone yang tidak ‘cerdas’ menyebabkan baterai lebih terasa cepat habis.

Sebagaimana dilansir Time, Senin (24/3/2014), bila Anda memakai perangkat Android 4.4 KitKat, untuk mengetahui aplikasi apa saja yang mengonsumsi baterai, dapat akses Settings > Battery. Di sini pengguna dapat mengetahui aplikasi mana saja yang paling memakan energi baterai.

Beberapa manufaktur seperti Samsung dan HTC menyuguhkan modus ‘low power’. Modus ini memungkinkan smartphone untuk meredupkan layar, membatasi kecepatan prosesor dan mematikan getaran (vibrate) dan lain-lain.

Secara manual, ponsel Android Anda dapat di-setting dan dioptimalkan supaya baterai lebih tahan lama. Berikut cara yang dapat Anda lakukan:
Turunkan Tingkat Kecerahan Layar
Tingkat brightness yang diturunkan dapat menurunkan konsumsi baterai. Caranya, akses Settings > Display > Brightness dan turunkan ke batas terendah.
Matikan Koneksi Bluetooth
Jika Anda tidak sedang mentransfer file, Anda dapat mematikan Bluetooth supaya baterai tidak terbuang percuma. Untuk mematikan Bluetooth, Anda dapat akses Settings > Bluetooth.
Matikan Fitur GPS
Saat Anda tidak memerlukan fungsi GPS untuk mengetahui lokasi restoran atau ‘check in’ di tempat favorit pada Facebook atau Foursquare, Anda dapat mematikan fitur Global Positioning System (GPS) ini melalui pengaturan (Setting) manual.
Matikan Layanan Suara
Di Android KitKat, Anda dapat mematikan layanan suara ini dengan membuka Google Settings dan menuju Search & Now > Voice. Kemudian, menghilangkan tanda centang deteksi ‘hotword’ untuk mencegah ponsel Anda dari terus-menerus menunggu perintah suara ‘OK Google’ untuk fitur pencarian.
Matikan Fitur NFC
Smartphone Android ada yang memiliki fitur NFC dan tidak. Khusus Android KitKat, Anda yang ingin mematikan fitur konektivitas ini dapat akses Settings > More, lalu hilangkan tanda centang NFC.
Matikan WiFi
WiFi diperlukan saat Anda hendak mengakses internet. Namun, bila Anda sedang tidak browsing internet, mematikan WiFi dapat memperpanjang daya baterai ponsel Anda. Anda juga dapat masuk ke modus ‘airplane’, yang otomatis mematikan koneksi data, data seluler dan Bluetooth.
Stop Sinkronisasi
Perangkat Android dapat menyinkronisasi data pengguna dengan akun Google. Fitur ini dapat memakan baterai dan koneksi data. Fitur ini juga dapat membuat ‘backup’ secara otomatis. Untuk memastikan supaya smartphone Android Anda tidak secara konstan mem-backup hal-hal yang tidak ingin Anda backup, Anda dapat akses Settings dan menuju ke ‘accounts’.
Uninstall Aplikasi yang Tidak Digunakan
Bila Anda sudah tidak lagi menggunakan aplikasi tertentu, ada baiknya bila Anda menghapus aplikasi tersebut. Sebab, meskipun Anda tidak menggunakan aplikasi tersebut, tetapi aplikasi akan tetap berjalan di background. Untuk menghapus aplikasi, dapat melalui Settings > Apps.
Diberdayakan oleh Blogger.