Header Ads

Kapan Pastinya Internet Berulang Tahun?

Aisha News - Sekian lama kita semua menggunakan fasilitas internet yang dapat menjangkau dunia, pernahkah anda berfikir kapan internet awal lahir? tanggal berapa yah ulang tahun internet, ada yang tahu? kenapa saya tidak pernah diundang ketika internet ulang tahun? tidak ada salahnya kita semua mengetahui kapan sejarah internet di mulai? Dimulainya sejak puluhan tahun yang lalu ketika para ilmuwan Amerika menemukan pertama kalinya fasilitas dengan menggunakan jaringan internet.

Hal ini sebenarnya untuk kepastian hari ulang tahun internet sampai sekarang masih menjadi sebuah diskusi, hal yang sangat serius yang dapat memicu perdebatan. Hal tersebut apakah internet dimulai ketika www (World Wide Web) lahir? Atau juga ketika para ilmuwan yang pertama kali mengadopsi TCP/IP?

Dari berbagai pendapat tersebut, hal ini banyak pihak yang percaya jika internet telah lahir pada tanggal 29 Oktober 1969 pukul 22.30 waktu Amerika (PDT), hal ini seperti yang diutarakan dari Gizmodo (29/10). Jika waktunya telah diubah ke WIB, maka hal tersebut ulang tahun internet pada 30 Oktober antara jam 12.30.

Kelahiran internet tersebut pada 29 Oktober 1969 tersebut telah diamini oleh sebuah Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE). Hal ini sangat terbukti ketika bulan Oktober 2009, IEEE memasang sebuah alat plakat di University of California at Los Angeles (UCLA) yang dulu bertuliskan 'Birthplace of the Internet, 1969'. UCLA tercatat sebagai tempat dilahirkannya internet selain di Standford Research Institute.

Hari bersejarah ini tentunya banyak para ilmuwan di UCLA dan Standford membuat sebuah sistem koneksi host-to-host dengan melalui jaringan ARPANET. Peristiwa tersebut sempat direkam lewat IMP log bahwa telah menyatakan para ilmuwan UCLA banyak berbicara secara host-to-host dan juga sebuah komputer milik Stanford diberi nama SRI atau juga SDS 940. Hal tersebut padahal ketika jarak antara komputer UCLA (SDS Sigma 7) hampir sekitar 350 mil dari SRI (Komputer Standford).

Ilmuwan UCLA, Bill Duvall, menyatakan bahwa menjadi orang yang pertama kali menggunakan sebuah teknologi internet di dunia. Duvall telah mengirim sebuah pesan yang bertuliskan 'LOGIN' pada sebuah komputer Standford. Tetapi, hanya huruf 'L' dan 'O' yang sudah berhasil terkirim dengan lancar dan diterima oleh SRI. Meskipun hanya 2 huruf saja yang terkirim, hal tersebut cukup  membuktikan bahwa sistem jaringan menjadi sebuah teknologi dasar internet yang sekarang kita kenal.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.