Header Ads

Elevenia Butuh Modal US$ 20 Juta untuk Target Penjualan Tahun Depan

Aisha News - Elevenia adalah Perusahaan perdagangan elektronik (e-commerce) yang kini akan memperluas jangkauan pemasaran untuk meningkatkan pada penjualannya yaitu tiga kali lipat pada tahun 2016 mendatang. Hal ini, perusahaan kerjasama dari PT XL Axiata Tbk serta perusahaan SK Planet Ltd Korea Selatan tersebut sekarang akan gratis ongkos kirim untuk konsumen yang berada di luar Jabodetabek. 

James Lee sebagi Presiden Direktur Elevenia telah mengatakan sekarang 60 persen dari pelanggan Elevenia kebanyakan berdomisili pada wilayah Jakarta, Depok, Bogor, Bekasi dan Tangerang, (Jabodetabek). Oleh sebab itu Elevenia terus melakukan penetrasi pasar pada luar Jabodetabek namun diakui oleh James hal ini tidak mudah pasar e-commerce yang berada di Indonesia yang sekarang masih terbilang cukup rendah.

Dilansir dari CnnIndonesia "Sekarang rasio e-commerce di Indonesia masih sebesar yaitu 1 persen. Namun jika dibandingkan dengan negara lain contohnya Korea Selatan yaitu 14 persen, angka tersebut masih jauh. Para pembelian e-commerce ini sekarang masih jarang padahal untuk infrastruktur serta teknologi sekarang ini sudah mulai menyebar luas ke luar daerah Jakarta," pungkas Lee di Jakarta, Rabu (18/11/2015).

James menjelskan Elevenia sekarang berencana membebaskan beban kepada konsumen yaitu ongkos kirim. Pada tahap pertama, Elevenia akan segera memberlakukan berbagai promo bebas ongkir bagi pelanggan yang berada di Surabaya dan Yogyakarta.

"Kami berikan sebuah kesempatan baru bagi pelanggan yang di luar Jabodetabek supaya dapat menikmati berbagai servis kami. kami semua paham jika biaya ke luar kota memang mahal, dengan demikian kami hilangkan pada biaya logistik hal ini sehingga dapat meningkatkan pada rasa keingintahuan mereka adanya e-commerce," tandasnya.

Selanjutnya untuk memperluas pasar, perusahaan akan memperkuat logistik serta memilih berbagai mitra logistik yang mempunyai jaringan kuat hingga sampai daerah. sekarang ini pihak Elevenia sudah bermitra dengan tiga perusahaan, semuanya telah menjamin pengiriman sampai ke daerah pelosok di Indonesia, hal tersebut dimana JNE akan menjadi mitra yang paling pertama bagi logistik perusahaan.

"Meski pada masalah logistik kami perhatikan, pihaknya bukan kami yang nantinya akan mengambil bisnis logistik. Jadi kami tetap fokus mengurus yang inti yaitu bisnis kami, serta masalah logistik tersebut biar mitra kami saja yang mengatur," tandasnya.

Madeleine Ong De Guzman, Divisi Pemasaran, sekarang ini ia sangat mengharapkan bagai mana cara tersebut dapat menghasilkan nilai penjualan barang atau (Gross Merchandise Value/GMV) pada tahun depan dengan angka sebesar Rp 3,2 triliun dapat disebut juga meningkat kisaran 1,46 kali lipat yang dibandingkaan pada target tahun sekarang yaitu Rp 1,3 triliun. Dalam hal iniuntuk strategi bisnis dapat diyakini meningkat dengan  jumlah pelanggan dengan seiringnya pertumbuhan untuk masyarakat kelas menengah.

"Kami semua melihat untuk peluang jika sekarang pertumbuhan lebih tinggi pada populasi kelas menengah telah gencar sekali. Populasi yang kini kami incar, serta kami yakin bahwa mereka sudah melihat teknologi dan juga sudah sangat paham bagaimana pada mekanisme e-commerce sekarang ini, hal tersebut sehingga yang nantinya fokus pada penjualan kami yaitu pada berbagai barang pada segmen tersebut," pungkasnya.

Elevenia pada saat ini optimistis sekali dan dapat mencapai sebuah target yang akan mengingat pada realisasi GMV pada per Oktober 2015 sekarang jumlah sebesar Rp 1 triliun, ataupun 76,9 persen pada target tahun sekarang. Dalam hal ini bahkan target perusahaan pada sebelumnya yang lebih kecil serta dibanding pada target saat ini.

"Pada awalnya kami memasang target yaitu Rp 1,1 triliun untuk tahapan target tahun ini, akan tetapi kami semua telah melihat bahwa hal tersebut dapat tercapai sebelum pada akhir tahun. kami tingkatkan lagi saja targetnya," pungkas Madeleine.

Madeleide mengatakan Elevenia pada terkait pendanaan, sekarang ini akan menerima tambahan dana dari perusahaan induk yaitu sebesar US$ 20 juta di awal tahun depan. Pemasukan dana tersebut yang merupakan sebuah paket pasokan modal yaitu sebesar US$ 80 juta pada tiga tahun yang lalu.

"Tentunya hal ini kami investasi secara perlahan, untuk memperbaiki pola infrastruktur kami, elevenia akn menggandakan jumlah pegawai, serta memperbesar jumlah traffic kami, dan yang lainnya. kami sangat berharap apa yang kami rencanakan pada tahun depan akan dapat tercapai seluruhnya," pungksnya.
Diberdayakan oleh Blogger.