Header Ads

Masyarakat Lebak Banten Diminta Waspada Penyakit Malaria

Aisha News - Masyarakat wilayah Kabupaten Lebak, Kabupaten Banten supaya waspada terhadap penyebaran penyakit malaria yang sekarang memasuki pada musim penghujan di daerah tersebut.

"Kami telah mengintruksikan kepada petugas medis di wilayah Puskesmas untuk mendeteksi penyakit sejak dini untuk menangani pengobatan dengan cepat upaya terhadap pada penyebaran yaitu penyakit malaria," ungkap Kesehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak dr. Firman Rahmatullah dan Kepala Bidang Pencegahan Penyakit Menular di Lebak pada Minggu (15/11/2015).

Kabupaten Lebak sekarang sebagai daerah yang endemis pada penyebaran penyakit malaria hal ini sangatlah perlu adanya kewaspadaan supaya penyakit malaria tidak langsung meluas yang dapat menimbulkan pada sebuah kasus kejadian luar biasa (KLB).

Daerah yang berada di sekitar pesisir pantai selatan Kabupaten Lebak terdapat endemis malaria. Dikarenakan pada daerah ini jika musim penghujan akan menjadi sebuah tempat yang dapat pengembangbiakan jentik nyamuk anopheles yang dapat hidup pada launtuk-launtuk di pesisir pantai.

Masyarakat pesisir tersebut terdapat di Kecamatan Binuangen, Bayah, Cihara, Cilograng, Panggarangan dan Malingping.

"Saya sangat berharap kepada Masyarakat yang sekarang tinggal pada sekitar pantai harus antisipasi pada  serangan penyakit tersebut," pungkasnya.

Upaya pencegahan pada penyebaran sebuah penyakit malaria masyarakat diminta untuk melakukan gotongroyong untuk pemberantasan sarang nyamuk (PSN) serta kebersihan lingkungan.

Bahwasannya penyakit malaria yang merupakan penyakit menular serta dapat menimbulkan efek kematian jika pada penderita tidak langsung diberikan pengobatan.

"Kami sangat berharap pada gerakan PSN sekarang lebih efektif supaya rantai penyebaran penyakit malaria  sebelum pengasapan atau juga fogging," pungkasnya.

Pihaknya pada sekarang ini telah melakukan program penyemprotan larvaciding hal ini untuk membunuh jentik-jentik nyamuk anopheles yang dapat berkembang biak pada launtuk-launtuk di pantai.

Sekarang ini banyak menyebar ikan dengan kepala timah untuk antisipasi penyebaran atau membunuh jentik nyamuk tersebut di launtuk pantai.

Penyakit malaria dari dulu menyerang pada musim curah penghujan yang tinggi hal ini sehingga para warga pesisir supaya mewaspadai adanya penyakit tersebut.

"Kami sangat berharap pada musim hujan sekarang tidak menimbulkan adanya penyakit malaria," jelasnya.

Petugas Puskesmas Bayah Kabupaten Lebak, Anwar, telah mengaku selama ini untuk kasus malaria sangatlah sering menyerang pada Masyarakat. Tetapi, tidak mengakibatkan korban jiwa hal ini karena warga cepat mendapat perawatan.

"Kami sekarang ini terus menerus melakukan pencegahan pada penyakit malaria yang sekarang memasuki pada musim hujan," imbuhnya.
Diberdayakan oleh Blogger.