Header Ads

Musim Hujan, Puluhan Desa Terendam Banjir di Provinsi Riau

Aisha News : Riau - Kondisi musim penghujan saat ini menyebabkan di beberapa daerah mengalami banjir. Seperti halnya di Pemerintah Provinsi Riau yang tercatat puluhan  desa terendam banjir saat sudah memasuki musim hujan sekarang ini. Sebagaimana diungkapkan oleh Edwar Sanger selaku pejabat SKPD yaitu Kepala Badan Penanggulangan Bencana  Daerah (BPBD) Riau mengatakan kepada media bahwa puluhan desa itu yang tersebar di Kabupaten Kampar, Rokan Hulu, Kuantan Singingi, serta Kota Pekanbaru.

Lebih lanjut Edwar menginformasikan kepada redaksi "Beberapa sungai tersebut kondisinya mulai menguap, yaitu antara lain Sungai Rokan, Sungai Kampar, serta Sungai Kuantan, hingga  menyebabkan beberapa daerah di sekitarnya terjadi banjir," ungkapya yang diterima wartawan dilapangan, baru - baru ini, Sabtu, (21/11/2015).

Untuk informasi bahwa banjir di Pekanbaru disebabkan oleh meluapnya Sungai Siak. Ratusan rumah yang berada di Kecamatan Rumbai Pesisir digenangi air. Tak  hanya itu, banjir di Pekanbaru juga disebabkan karena tidak teraturnya pembangunan atau saluran drainase. Sementara bantuan logistik sudah diantarkan ke  lokasi. Di antaranya yaitu makanan siap saji, obat-obatan, dan juga bantuan berupa perahu karet. Lebih rinci Edwar menjelaskan "Kalau untuk di kabupaten sendiri,  sudah tersedia dan sudah dianggarkan pada pos alokasi dana untuk bantuan itu,"tuturnya.

Tak hanya itu, musibah banjir juga menggenangi puluhan hektare sawah. Data yang dikeluarkan oleh dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Riau mencatat,  setidaknya ada 31 hektare sawah di Rokan Hulu digenangi banjir. Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Riau Askardiya Patrianov mengutarakan ada  beberapa bagian sawah yang masih bisa diselamatkan.

Kepada media, Askardiya mengatakan kepada Aisha News "Selain hal tersebut diatas, ada beberapa titik persawahan yang tergenang banjir di beberapa daerah lain tapi belum terdata," ungkapnya jelas kepada media lokal dan online.

Sementara itu pantauan cuaca terkini dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memprediksikan bahwa hujan masih akan terus mengguyur Indonesia hingga akhir tahun  2015. Setelah itu, akan kembali memasuki musim kemarau disertai bencana El Nino yang diperkirakan akan terjadi dan akan terasa  pada awal - awal tahun depan,"ungkap Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru yaitu Sugarin.
Diberdayakan oleh Blogger.