Header Ads

Nelayan Cilacap Hasil Tangkapan Ikan Menurun 75 Persen

Aisha News - Nelayan Cilacap pada sekarang ini sedang keluh kesah dikarenakan hasil tangkapan ikan nelayan tepatnya di pesisir selatan Cilacap, Jawa Tengah, tangkapan ikan sekarang mulai menurun drastis seiring datangnya musim penghujan, ungkap Sarjono, Ketua Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia Kabupaten Cilacap.

Ungkap Nelayan di Cilacap pada Jumat (13/11/2015). "Masih ramai namun akan tetapi tidak seramai pada saat kemarin (ketika musim kemarau, red.). Pada sekarang ini untuk penghasilan atau disebut juga pendapatan para nelayan sekarang mulai berkurang, dikarenakan sudah memasuki pada musim hujan,"

Menurutnya pada musim panen ikan untuk para nelayan di Cilacap akan berlangsung kiranya enam bulan dengan hasil untuk tangkapan ikan dengan rata-rata antara 2-6 ton dalam seharai.

Pada musim hujan sekarang ini hasil tangkapan ikan para nelayan di Cilacap sangat menurun sampai 75 persen yang sangat berbeda pada kondisi yang sebelumnya.

"Pada sekarang ini, untuk berbagai jenis ikan sekarang masih bermunculan pada perairan selatan Cilacap akan tetapi volume tidak sebanyak dari beberapa waktu yang lalu, sebelumnya datangnya pada musim penghujan sekarang ini," ungkapnya.

Ia telah menyatakan bahwasannya untuk beberapa jenis ikan pada sekarang ini yang masih banyak bermunculan yang masih bertempat di perairan selatan Cilacap, yaitu antara lain di tengiri, bawal dan tongkol.

Dia pun telah mengakui pada musim panen ikan sekarang ini sangatlah jauh lebih unggul dan bagus daripada dibanding pada tahun yang sebelumnya dikarenakan untuk berbagai jenis ikan sekarang banyak bermunculan.

"Jenis ikan banyak bermunculan pada musim panen sekarang ini lebih banyak dibandingkan seperti pada tahun lalu. Kali ini, untuk semua jenis ikan dapat ditangkap serta untuk setiap hari selalu berganti-ganti," imbuhnya. "Ikan tuna juga masih ada namun tidak banyak,"

Selanjutnya yang diungkapkan oleh para nelayan yang menggunakan sebuah kapal dengan berkapasitas di atas 30 GT (gross tonage) yang masih dapat menangkap jenis sotong atau juga jenis cumi dengan ukuran yang besar antara 100 sampai 200 kilogram dalam sehari.
Diberdayakan oleh Blogger.