Header Ads

Peremajaan Alutsista, TNI AU Beli Tiga Helikopter AgustaWestland AW101

Jakarta - Aisha News : Untuk mendukung dan melengkapi persenjataan TNI AU, pemerintah berencana menambah Alutsista TNI AU yaitu dengan membeli helikopter canggih.  Sebagaimana diutarakan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Agus Supriatna, Ia mengemukakan TNI AU akan melengkapi alat utama sistem  pertahanan (Alutsista) dengan membeli tiga buah helikopter VVIP seperti yang telah termaktub dalam rencana strategis TNI Angkatan Udara periode tahun 2015- 2019.

Lebih lanjut kepada pewarta berita Agus mengungkapkan "Untuk sementara dengan anggaran renstra, kita akan membeli tiga buah helikopter untuk skadron udara dengan kelas VVIP," ungkap Agus di sela- sela sebuah acara Silaturahmi serta acara Makan Bersama Media Massa yang bertempat di Wisma Angkasa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (24/11/2015).

Menurut dia, rencana pembelian helikopter jenis AW 101 yang canggih serta mutakhir itu murni merupakan hasil kajian dari Skadron Udara VVIP. Kemudian  dilakukan pengkajian di Mabes TNI. "Setelah dilakukan sebuah kajian dengan baik, saya memutuskan untuk membeli helikopter VVIP tersebut. Ini merupakan hasil kajian kita,"  ungkap Agus dengan detail menjelaskn.

Terkait dengan adanya beberapa permintaan agar helikopter itu dipasang antipeluru, kata KSAU, itu akan dilihat lagi besaran anggarannya. Bila anggarannya mencukupi,  bisa saja dipasang antipeluru, antijamming, antirudal, serta pelengkap sistem keamanan lainnya yang canggih. "Kalau untuk helikopter untuk Presiden Amerika dipasang segala macam, dengan  anggaran bisa mencapai angka 120 juta dolar AS," ungkapnya.

Pembelian helikopter super canggih berjenis kelas VVIP yang diperuntukkan untuk presiden, wakil presiden, pejabat tinggi negara serta tamu negara itu lebih mengutamakan safety (keamanan)  dan juga dari segi kenyamanannya. "Kalau ternyata tidak mendukung tingkat keamanan, dan nanti terjadi apa-apa, maka saya yang akan bertanggung jawab. Oleh karena itu, saya  minta agar helikopternya benar - benar memenuhi unsur keamanan yang baik," ujarnya KASAU.

Agus berharap bahwa satu unit Helikopter AgustaWestland AW 101 akan tiba pada 2016" Insya Allah, kalau tidak ada halangan sebelum tanggal 09 April 2016, helikopter tersebut sudah tersedia di  Tanah Air," ungkapnya.

Helikopter kelas VVIP yang akan didatangkan TNI AU ialah tipe AgustaWestland AW101. Ini merupakan helikopter angkut menengah antikapal selam yang peruntukaanya dapat digunakan untuk  kepentingan militer dan kepentingan sipil.

Seperti diketahui, AgustaWestland AW101 dikembangkan oleh perusahaan joint venture antara perusahaan Westland Helicopters asal Inggris serta Agusta asal  Italia. Helikopter ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan Alutsista bagi kekuatan armada angkatan laut modern. Selama ini, sejumlah pejabat negara, termasuk Presiden  RI masih mengunakan Helikopter jenis Super Puma.
Diberdayakan oleh Blogger.