Header Ads

Pola Hidup Sehat dengan 6 Cara Tetap Sehat Walau Sibuk Bekerja

Aisha News - Berbaggai kegiatan dengan cara rutinitas yang berada di tempat kerja sangatlah memungkinkan kami meruksak dalam pola hidup yang tidak sehat. Kerja lembur, makanan serta minuman instan, dan kurang gerak, yaitu beberapa contoh yang biasa terjadi di kebanyakan pekerja.

Bahkan, memungkinkan dalam upaya untuk lebih banyak makan sayuran yang segar searta rutin berlatih di pusat kebugaran, sekarang sudah hampir setahun belum terlaksana. Akan Tetapi jangan khawatir, kini masih ada cara dalam upaya untuk meraih pola hidup sehat sebelum akhir tahun tiba, tanpa anda harus meninggalkan rutinitas pekerjaan kamu.

1. Dimulai dari kaki

"Semakin banyak kamu menggerakkan kaki, semakin baik," kata ahli diet terdaftar dan blogger kesehatan Eat + Run, Keri Gans. Mulai hari kamu dengan memarkir kendaraan sejauh mungkin dari lokasi kantor atau jika kamu menumpang kendaraan umum, berhenti beberapa halte sebelum lokasi kantor.

Tempuhlah sisa perjalanan dengan berjalan kaki. Setibanya di kantor, pilih untuk naik tangga ketimbang lift. Jika posisi kantor kamu ada di lantai yang sangat tinggi, cobalah untuk tetap naik tangga sebanyak tiga sampai lima lantai, lalu sisanya kamu dapat menggunakan lift.

2. Bersiap untuk serangan lapar

Pastikan kamu mempunyai simpanan makanan sehat untuk dimakan ketika lapar menyerang sebelum waktu makan siang atau di sore hari. Ini akan mencegah kamu mencari camilan tidak sehat penuh kalori atau makanan instan.

Jika rasa lapar ini terlalu lama ditahan, ada kemungkinan kamu akan makan dengan kalap ketika waktu makan siang atau makan malam tiba. Jadi, silakan makan ketika lapar, asal perhatikan apa yang kamu makan.

3. Bawa makan siang sendiri

Jika kamu sulit mendapat makanan sehat di sekamir tempat kerja, berusalah untuk membuatnya sendiri di rumah dan membawanya ke kantor.

Dada ayam rebus atau ikan, nasi merah atau roti gandum utuh, lalapan dan sambal terasi, yaitu contoh menu sederhana dan sehat yang akan mencegah kamu memesan gulai ayam berlemak beserta kikil atau soto jeroan berkuah santan.

Tambah dengan buah atau yoghurt Yunani, makin sempurnalah makan siang kamu.

4. Latihan ringan di meja kerja

Tidak semua kantor menyediakan waktu dan tempat untuk karyawannya berolahraga di tempat kerja. Tapi kamu dapat mengakali hal ini dengan melakukan gerakan olahraga ringan, tanpa harus meninggalkan meja kerja.

Gunakan alat bantu sederhana seperti resistance band dan barbel kecil yang dapat digunakan kapan saja ada kesempatan. Lakukan  latihan mengangkat kedua kaki bersamaan sampai sejajar paha, tahan selama 10 detik, lalu turunkan. Ulangi semampu kamu. Gerakan dari Mayo Clinic ini dapat kamu lakukan bahkan sambil mengetik.

5. Teruslah bergerak

Sangat penting untuk terus bergerak sepanjang hari. ketika waktu istirahat siang tiba,  bawa bekal makan siang kamu ke luar kantor. Nikmati di taman atau atau di mana saja yang memungkinkan.

"Yang penting, kamu dapat menggerakkan kaki sambil rehat sejenak dan menikmati hidangan makan siang yang sehat," kata Gans.

6. Batasi hura-hura setelah jam kerja

Ini bukan berarti kamu tidak boleh bersosialisasi. Boleh saja, asal batasi konsumsi kopi yang penuh krim dan gula, makanan manis dan terlalu berlemak, atau bahkan minuman beralkohol. Banyak orang mengisi waktu-waktu luang sesudah jam kerja dengan melakukan petualangan kuliner yang membahayakan berat badan.

Alih-alih menambah pada ekstra kalori, pilihlah kegiatan yang lain seperti menonton film atau juga menonton pertunjukkan seni yang diawali dengan makan salad buah dan sayur, serta jus murni di restauran favorit. (kompas.com)
Diberdayakan oleh Blogger.