Header Ads

Zenfestival 2015 4 Model Baru ASUS Zenfone telah Duiji

Aisha News - Zenfestival pada tahun 2015, diadakan di Indonesia juga sekarang sudah beres laksanakan. Pada acara ini, ASUS telah meluncurkan empat tipe smartphone Zenfone anyar. Ke empat buah smartphone ini yaitu Zenfone Deluxe, Laser, Max, dan Selfie. Ke empatnya memiliki pangsa pasar yang berbeda.

Penggunaan chipset dan prosesor yang berbeda juga akan mempengaruhi kinerja dari sebuah smartphone. Padahal, kinerja sangat erat kaitannya dengan pengalaman bernavigasi pada sebuah smartphone. Walau juga sudah memakai sistem operasi Lollipop yang memiliki kinerja yang lebih unggul dari pada kitkat, hamun hal ini tetap saja pemilihan SoC yang tepat akan membuat pengalaman lebih baik.

Saat Zenfestival 2015, CHIP cukup penasaran dengan kinerja dari beberapa smartphone yang dipajang. Sayang memang, waktu yang ada membuat kami tidak dapat melakukan tes cepat pada semua smartphone yang ada pada Zenfestival 2015. Selain itu, karena keterbatasan koneksi internet, membuat instalasi juga terhambat.

Untungnya, CHIP sudah membawa beberapa file installer pengujian yang dapat langsung dikirim ke smartphone yang akan diuji. Untuk pengujian singkat kali ini dan karena waktu yang sangat terbatas, CHIP hanya dapat menguji empat smartphone saja. Keempat smartphone ini yaitu Zenfone Deluxe dengan storage 32GB, Zenfone Deluxe Special Edition dengan storage 256 GB, Zenfone Laser 5,5 inci, dan Zenfone Selfie. Aplikasi penguijian yang CHIP gunakan yaitu Antutu versi 5.7.1.

Pengujian Antutu diarahkan pada instruksi teratas dari sebuah smartphone. Yang artinya, ketika smartphone mendukung instruksi ARM Architecture 64 bit, CHIP akan menguji Antutu dengan mode ini. ketika tidak, maka mode yang digunakan yaitu 32 bit.

Zenfone Laser ZE550KL
Zenfone 2 Laser yang CHIP uji secara singkat yaitu yang memiliki layar 5,5 inci. SMartphone ini memakai Snapdragon 410 dan resolusi layarnya yaitu 720p saja. Dengan RAM yang terpasang 2 GB, smartphone ini menyimpan cache yang cukup besar pada memorinya sehingga tempat lowong yang tersisa tinggal 756 MB.

Zenfone Selfie
Berbeda dengan Laser, Zenfone Selfie memakai prosesor dengan 8 core, yang menandakan bahwa smartphone ini memakai SoC Snapdragon 615. Dengan SoC ini, smartphone ini berjalan dengan resolusi 1080p serta RAM 3 GB yang tersisa setengahnya saat pemakaian normal. Berikut yaitu nilai Antutu-nya

Zenfone Deluxe
Zenfone Deluxe tidak memakai chipset dengan arsitektur ARM. ASUS juga memakai Intel Baytrail Z3580 dengan prosesor ATOM Silvermont berkecepatan 2,33 GHz pada smartphone ini. ASUS juga memasangkan RAM sebesar 4 GB serta storage internal berkapasitas 32 GB. Dengan spesifikasi ini, smartphone ini mampu berlari kencang pada nilai Antutu sebesar 47000an.

Zenfone Deluxe Special Edition
Smartphone Zenfone Deluxe Special Edition ternyata berbeda dengan Zenfone Deluxe. Zenfone Deluxe SE ternyata memakai Intel Baytrail Z3590 yang memakai prosesor quad core Atom Silvermont berkecepatan 2,5 GHz. Selain itu, Zenfone Deluxe SE memakai storage internal sebesar 128 GB dan microSD sebesar 128 GB pula serta RAM 4 GB. Tentu saja perolehan Antutu untuk smartphone yang satu ini lebih tinggi.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.