Header Ads

Kenaikan Indeks Inflasi Kota Cilacap 0,20%

Aisha News - Cilacap pada bulan November pada Inflasi bulan November 2015 kini di Kota Cilacap telah tercatat 0,20 % serta indeks pada harga konsumen (IHK) yaitu sebesar 123,38.

Eddy Aprotuwiyono, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Cilacap inflasi yang berada di kota Cilacap untuk selama bulan November 2015 kini telah terjadi yang terutama disebabkan oleh adanya kenaikan indeks yaitu pada 6 kelompok pengeluaran.

Hal ini diantaranya yaitu kelompok bahan makanan yang mengalami pada kenaikan indeks 0,16 %, pada kelompok minuman, makanan jadi, rokok serta tembakau yang telah mengalami kenaikan pada indeks 0,25 %, yaitu pada kelompok perumahan, listrik, air, gas dan juga pada bahan bakar yang mengalami kenaikan indeks yaitu sebesar 0,14 %.

Pada kelompok sandang telah mengalami sebuah kenaikan indeks 0,05 %, dengan kelompok kesehatan inflasi yaitu 0,19 %, serta kelompok pendidikan, rekreasi dan juga olahraga inflasi yaitu sebesar 0,70 %.

Sedangkan pada kelompok yang mengalami pada penurunan indeks terdapat pada kelompok transport komunikasi serta jasa keuangan yaitu sebesar 0,01 %.

Eddy menyebutkan pada komoditas telah penyumbang inflasi yaitu antara lain biaya sekolah dasar, daging ayam ras, tomat sayur, kontrak rumah, dan juga tidak lupa yaitu labu siam.

Selanjutnya dari 82 kota IHK Nasional 6 yaitu diantaranya terdapat di Jawa Tengah yaitu Cilacap, Surakarta, Tegal,  Kudus, Purwokerto, dan Semarang. Catatan BPS, pada keenam kota tersebut telah mengalami inflasi.
Diberdayakan oleh Blogger.