Header Ads

Pantai Kemiren Cilacap Terdapat Lumba-lumba yang Terdampar

Aisha News - ( Cilacap ) Seekor ikan lumba-lumba gigi kasar (Steno bredanensis) yang terdampar di Pantai Kemiren, Kelurahan Mertasinga, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, dalam kondisi miris lemah dan juga terdapat beberapa luka tusukan di tubuhnya.

"Lumba-lumba tersebut terlihat disini sejak Kamis (11/8) malam," ungkap salah seorang warga, Adi (30) di Pantai Kemiren, Kelurahan Mertasinga, Kecamatan Cilacap Utara, Cilacap, Jumat (12/8).

Oleh karena itu, kata dia, warga setempat segera melaporkan keberadaan lumba-lumba tersebut ke petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah. Terkait luka tusukan pada tubuh lumba-lumba, dia menduga hal itu disebabkan tertusuk karang.
Sementara itu, petugas BKSDA Jateng Seksi Konservasi Wilayah II Cilacap-Pemalang Dedi Rusyanto telah menduga lumba-lumba telah terpisah dari kawanannya dan kemudian terdampar.

Menurutnya, pihaknya dibantu para nelayan yang telah beberapa kali berusaha mendorong lumba-lumba tersebut ke tengah laut.

Akan tetapi, kata dia, upaya itu tidak membuahkan hasil karena lumba-lumba tersebut selalu terempas gelombang sehingga kembali ke tepi pantai.

"Sekarang kami menunggu kedatangan dokter hewan dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Cilacap. Lumba-lumba itu rencananya akan disuntik vitamin agar staminanya pulih," katanya.

Setelah staminanya pulih, kata dia, pihaknya akan menarik lumba-lumba itu ke tengah laut dengan menggunakan perahu.

Informasi yang dihimpun, kawanan lumba-lumba banyak ditemukan di Samudra Indonesia, selatan Jawa.

Berdasarkan catatan Antara, dua ekor lumba-lumba yang diduga ibu dan anak ditemukan terdampar dalam kondisi mati di Pantai Teluk Penyu, Cilacap, pada tahun 2013.

Selanjutnya seekor lumba-lumba, telah dilaporkan terdampar di Sungai Serayu, Desa Penggalang, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, pada tahun 2014 yang selanjutnya digiring nelayan ke laut lepas.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.