Header Ads

Cilacap Dikucuri Dana Alokasi Khusus Rp 93 Miliar untuk Perubahan Pembangunan

Aisha News - Kabupaten Cilacap khususnya kota Cilacap untuk Jalan Wiratno sampai ke perempatan LE. Martadinata, akan dibangun yaitu memakai konstruksi rigid beton, pada Jumat (14/10). Jalan LE. Martadinata hingga Jalan Wiratno yang merupakan sebuah akses menuju ke Pelabuhan Tanjung Intan.

Peletakan batu pertama pengecoran beton jalan Wiratno, diawali oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, di depan kantor Kelurahan Tambakreja Cilacap. Peningkatan ruas jalan Wiratno dengan rigid beton sepanjang 1.140 meter menuju ke Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap menggunakan dana DAK sebesar Rp 10 Miliar. 

Kepala Dinas Bina Marga, SDA, ESDM Kabupaten Cilacap, Alexander Ristianto mengatakan, pembangunan rigid beton jalan Wiratno untuk memperlancar arus lalu lintas angkutan barang dari Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap. Sehingga aksesibilitas keberadaan jalan tersebut sangat mendukung perkembangan Pelabuhan Tanjung Intan. 

“Nantinya, jalan tersebut akan dibuat empat lajur dan dikerjakan selama 75 hari kalender dan ditargetkan selesai 27 Desember 2016 ini,” ungkap dia dalam website resmi Pemkab Cilacap, humascilacap.info. Ristiyanto juga mengemukakan, bahwa pada tahun 2016, Pemkab Cilacap mendapat kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) Perubahan sebesar Rp 93 miliar dari Pemerintah Pusat. 

Dana DAK dialokasikan untuk tujuh paket kegiatan peningkatan jalan, ruasJalan Wiratno salah satunya . Kucuran dana DAK perubahan ini lebih besar dibandingkan dengan dana DAK definitif 2016 yaitu sebesar Rp 53,96 miliar untuk 11 paket kegiatan peningkatan jalan. 

Dana Rp 93 miliar terbagi menjadi tujuh paket peningkatan jalan yang dialokasikann untuk jalan-jalan kabupaten dan antar kecamatan yang sudah menjadi prioritas. 

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji pada kesempatan tersebut mengungkapkan bahwa Pemkab Cilacap memiliki komitmen yang tinggi untuk terus membangun dan meningkatkan infrastruktur khususnya jalan. Hal ini dilakukan untuk semakin mendukung perkembangan dan peningkatan perekonomian di kabupaten Cilacap. 

Menurut Bupati, ketika infrastruktur jalan semakin baik, maka tentunya hal ini akan mendorong berkembangnya sektor-sektor pembangunan bidang lainnya, yang pada gilirannya akan semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat Cilacap.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.