Header Ads

Ini Alasan Mengapa Kanker Sulit Untuk Disembuhkan

Ini Alasan Mengapa Kanker Sulit Untuk Disembuhkan

Aisha News - Kanker merupakan penyakit ganas dan sangat berbahaya yang menyerang manusia. Selain karena kemampuannya bermutasi dan terus berkembangnya yang tinggi, tapi kanker juga dewasa kini tidak mempan di obati oleh kemoterapi.

Dikutip dari heathland.times.com, baru-baru ini telah dilakukan penelitian untuk meneliti kanker yang di lakukan oleh Neville Sanjana dan timnya dari New York Genome Center University dimana dalam penelitiannya mereka menggunakan teknologi baru yang disebut CRISPR untuk mengedit gen tumor secara akurat. Cara kerjanya adala, sang tim peneliti mencoba memotong-motong bagian spesifik dari gen kanker untuk mengetahui apakah area itu terpengaruh oleh cara pertumbuhan kanker atau tidak.  Selain memotong bagian yang sudah terinfeksi tadi, Tim Neville mecoba untuk memotong bagian khusus yang tidak terkena kanker. (Para ilmuwan menyebut bagian ini sebagai gen "junk DNA" karena mereka anggap bagian ini tidak memilik fungsi pada gen).

Setelah dilakukan percobaan dan mendapatkan hasilnya, kemudian tim melakukan analisis dan menemukan hal yang menarik, ternyata bagian dari junk DNA tadi itu memiliki peran penting pada cara kerja DNA yang terinfeksi. Menurut dari penuturan para ilmuan Cara kerja Junk DNA ini sangat sulit untuk dimanipulasi dimana area yang ini bisa mengarahkan area terinfeksi layaknya sutradara film mengarahkan aktor untuk bekerja. Are junk DNA yang belum terkode ini menyediakan instruksi penting, misalnya kapan gen harus aktif dan seberapa banyak protein yang harus diproduksi.

Hasil akhir dari penelitian ini adalah ditemukannya bagian yang sangat berkontribusi pada resistensi obat kanker. Sanjana dan Tim pula berhasil mengidentifikasi bagian tertentu yang sudah resisten terhadap obat, sehingga perlu dilakukan perawatan yang intensip seperti pengkombinasian antara kemoterapi dan pengobatan operasi lainnya. Para dokter di New York sangat gembira mendengar kabar penemuan ini. Dengan telah diketahuinya mengapa kanker bisa tahan kemoterapi, maka dokter spsialis kanker bisa fokus untuk mencari cara untuk mengobati pasien dengan memusatkan perhatian terhadap "Junk DNA" area.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.