Header Ads

Kota Cilacap Bakal Ganti Semua PJU

Aisha News - PJU di Kota Cilacap saat ini bakal diganti oleh Pemerintah Cilacap yang sekarang terus berupaya upaya untuk menekan penggunaan tenaga energi listrik yang terdapat di wilayahnya. hal tersebut selain efisiensi untuk anggaran serta penekanan untuk kebutuhan yang bertujuan supaya dampak krisis untuk listrik  hingga kini dapat diminimalisir di Kabupaten Cilacap.

Kepala Sub Bidang PJU dan Kelistrikan, Sumber Daya Air, Energi Sumber Daya Mineral dan Dinas Bina Marga  Kabupaten Cilacap, Bambang Tujiatno menyatakan bahwa upaya yang akan dilakukan yaitu dengan digunakannya lampu hemat energi untuk lampu penerangan jalan umum (PJU). 

Sekitar 950 lampu PJU yang terpasang Pemkab Cilacap, sudah 95 persen yaitu diantaranya sudah menggunakan daya lampu hemat energi. Namun demikian, pihaknya akan terus berupaya melaksanakan sebuah terobosan supaya pada konsumsi listrik untuk PJU akan dapat lebih meningkat serta efektif. 

Selanjutnya upaya perencanaan pada seluruh PJU yang berada di wilayah kota Cilacap untuk ke depannya menggunakan smart light. Smart light yang merupakan sebuah sistem penerangan untuk jalan umum, hal ini dapat disesuaikan dengan penggunaannya. Alat tersebut dilengkapi sebuah sensor yang sudah dapat mendeteksi untuk keberadaan pengguna jalan yang berada pada kawasan tersebut, dan akan padam dengan sendirinya saat tidak ada pengguna jalan. 

“Sistem penerangan tersebut sangatlah cocok digunakan pada ruas jalan lingkar, yaitu dengan volume kendaraan yang tidak begitu padat,” ungkap Bambang Tujiatno dilansir dalam website resmi Pemerintah Kabupaten Cilacap. 

Upaya mengantisipasi pemadaman listrik, Pihak Dinas Bina Marga ESDM dan SDA akan mengembangkan sebuah sistem hybrid untuk PJU. Hal tersebut untuk sistem penerangan yang dilengkapi dengan battery lithium, pada menyimpan energi listrik yang asalnya dari sel tenaga surya. Imbuh Bambang, pada sekarang ini untuk pengembangan konsep energi akan terus diperbaharui dengan memanfaatkan tenaga surya yang akan mencukupi kebutuhan listrik PJU serta perkantoran. Dengan demikian untuk konsep ini sangat dibutuhkan upaya untuk menekan anggaran rekening listrik di perkantoran dan PJU di Kota Cilacap, dengan jumlah mencapai 10 miliar untuk per bulannya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.