Header Ads

Terendam Banjir Kabupaten Cilacap di Tiga Desa Sebanyak 1.457 Rumah

Aisha News - Tri Komara Sidhy Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap, menyatakan bahwa tiga desa terendam banjir yang meliputi Desa Sidareja, Desa Gunungreja, dan Desa Tinggarjaya.

Hujan tersebut mengguyur wilayah Cilacap untuk bagian barat yang menyebabkan 1.457 rumah terendam banjir yang berada di tiga Desa yaitu di Kecamatan Sidareja. Bukan hanya itu saja untuk sekitar 200-an lebih para penduduk rumahnya telah terendam banjir hal tersebut ikut diungsikan pada enam titik pengungsian yang berada di kawasan zona aman.

"Ketinggian air bervariasi dari 30 sentimeter sampai satu meter lebih di dalam rumah. Sedangkan, di pekarangan rumah berkisar 80 sentimeter sampai 170 sentimeter," ujar Tri, Selasa (11/10).

Tri mengemukakan, sekarang ini sudah tercatat 230 jiwa yang sudah mengungsi yaitu tersebar pada enam titik pengungsian aman. Sebagian besar dievakuai ke musola aula Koramil di Sidareja dengan jumlah mencapai 103 jiwa, serta 10 di antaranya 10 balita.

"Selain di musala aula Koramil Sidareja, tempat pengungsian juga disediakan di balai pertemuan warga RT 03 RW 03 Dusun Citayem Desa Sidareja, kemudian Pendapa Kecamatan Sidareja, Balai Desa Sidareja, SD Negeri 06 Sidareja dan balai pertemuan RT 01 RW 05 Desa Sidamulya," kata dia.

Dari data yang dihimpun BPBD Cilacap, rumah yang terendam banjir sebagian besar berada di Desa Gunungreja yang mencapai 787 rumah. Kemudian Desa Sidareja 550 rumah dan Tinggarjaya 120 rumah.

"Total rumah yang terendam mencapai 1.457 unit di Kecamatan Sidareja. Selain itu, lahan persawahan seluas 3,55 hektare dan 0,79 hektare tegalan di Desa Gunungreja juga ikut terendam," pungkasnya.

Lebih lanjut "Data masih dapat berkembang terus," pungkasnya.

Sekarang ini untuk korban banjir telah mengungsi yang sudah mendapatkan bantuan logistik yaitu berupa makanan. Namun dalam hal ini meski begitu tidak menutup kemungkinan akan dibuat dapur umum. Ia pun mengemukakan bahwa kemungkinan akan bertambah rumah yang terendam yang kini masih mungkin akan terjadi dikarenakan kondisi cuaca sekarang masih hujan rintik yaitu di sekitar lokasi banjir.
Diberdayakan oleh Blogger.