Header Ads

BlackBerry Sekarang Menyiapkan BBM Versi Desktop Mirip dengan WatsApp

Aisha - BBM alias Aplikasi pesan instan Blackberry Messenger telah dikabarkan sekarang sedang menyiapkan secara khusus yaitu BBM versi desktop. Tetapi pada fitur ini dikabarkan kini masih proses tahap uji coba secara mendalam supaya lebih optimal.

Tipe BBM versi desktop ini baru dapat digunakan oleh kebanyakan pengguna Android.

Diketahui bahwa BBM pernah menjadi sebuah aplikasi pesan instan terbaik yang paling populer dulunya di Indonesia. Akan tetapi ketika adanya Whatsapp muncul, para pengguna BBM sampai kini terus berkurang.

"Kami senang mengumumkan peluncuran BBM Desktop versi beta untuk pengguna Android. Aplikasi ini akan memperluas obrolan mereka sehingga dapat bertukar pesan di seluruh perangkat," tulis pihak Blackberry Messenger dikutip KompasTekno dari CrackBerry, Sabtu (12/5/2018).


Cara pemakaian BBM versi desktop hampir sama dengan WhatsApp Web. Para pengguna diminta membuka pada halaman web.bbmessaging.com kemudian lanjut pada desktop, hal tersebut kemudian timbul QR code yang harus dipindai dengan memakai aplikasi BBM di ponsel. Namun, pada BBM desktop versi beta terssebut para pengguna dapat menemukan berbagai fitur standar yang telah banyak diadopsi oleh platform pesan instan yang lainnya.

Hal tersebut misalnya pada fitur obrolan di grup, berbagi file serta data, dan notifikasi terkirim kemudian dibaca. Khususnya pada obrolan grup, para pengguna dapat membuat grup yaitu dengan batas maksimal 300 anggota saja. Hal ini sama seperti pada WhatsApp, konteks dalam obrolan grup terdapat sebuah notifikasi pesan terkirim kemudian terbaca oleh para pengguna yang lainnya. Selanjutnya sampai sekarang belum dapat diketahui apakah nantinya produk BBM desktop dapat melakukan panggilan video maupun suara seperti hal aplikasi saingannya.

Layanan tersebut baru dapat digunakan pengguna yang sudah terpilih. Blackberry Messenger kini dimiliki sepenuhnya oleh pihak Indonesia. PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek) bahwasannya telah menandatangani perjanjian lisensi jangka panjang yaitu sejak 2016 yang lalu.

Selanjutnya, pada layanan pesan instan tersebut telah dipisahkan hak entitasnya dengan Blackberry. Apliksi BBM ini menjadi perusahaan pada layanan chatting yang sudah mandiri dengan Blackberry yaitu selaku korporasi.

Diberdayakan oleh Blogger.