Header Ads

Plt Gubernur Jawa Tengah Meresmikan Tol Laut Penghubung Jalur Selatan Jawa

Cilacap - Layanan Pelayaran Perintis (Tol Laut) jalur yang akan menghubungkan Selatan Jawa kini telah diresmikan oleh Plt Gubernur Jawa Tengah, Heru Sujatmoko Rabu (09/05/2018).

Acara Peresmian tersebut ditandai dengan pemecahan Kendi yang berisi air bunga Ke Kapal Perintis Route R-106 dan membunyikan sirine di Dermaga Wijayapura Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap.

Peresmian Layanan Pelayaran Perintis (Tol Laut) dihadiri Plt Gubernur Jawa Tengah, Heru Sujatmoko Bupati Pacitan, Yudi Sumbodo Bupati Trenggalek, Emil Dardak Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji, Anggota Forkopimda, Ketua Pengadilan Negeri dan Agama, Para Pejabat di lingkungan Kabupaten Cilacap, Kepala BUMN, BUMD, Swasta, Kepala UPT Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, General Manager Pelabuhan Tanjung Intan beserta Jajaran, dan Kepala KSOP Kabupaten Cilacap.

Sambutannya pihak Plt Gubernur Jawa Tengah, Heru Sujatmoko menyampaikan bahwa pihaknya bersyukur dengan dirintisnya atau dibukanya Tol Laut ini, karena untuk mempermudah Lalu lintas Ekonomi dimulai dari Pelabuhan Cilacap – Pacitan – Trenggalek – Banyuwangi, dan ke depannya ke arah Barat dimulai dari Pelabuhan Cilacap – Pengandaran – Pelabuhan Ratu.

"Kapal ini mampu mengangkut sampai 4400 Ton, dan untuk Perdana ini baru 1000 Ton yang diangkut. Jika diangkut lewat Jalur Darat, dapat membutuhkan banyak truk, dan kedepannya tidak hanya untuk mengangkut Barang, akan tetapi dapat mengangkut manusia atau Penumpang" Ungkapnya.

Sementara itu Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji menyampaikan bahwa yang melatarbelakangi Jalur Tol Laut ini diresmikan adalah, karena Jalur Laut ini lebih cepat, lebih mudah, dan tidak merusak jalan.
Selain itu juga menyampaikan bahwa Kabupaten Cilacap  memiliki lahan kosong seluas kurang lebih 32.000 Ha, hasil sedimentasi dari Gubernur Jawa Tengah, dan 12.000 Ha diantaranya sudah siap sebagai Pusat Industri yang didukung Pelayaran Nasional.

"Tol Laut ini akan memudahkan dalam mengungkit Perekonomian di Wilayah Banyumas, terutama memudahkan dalam pengiriman barang" Tambah Tatto.

Selanjutnya seperti yang telah diketahui Kapal Yang diresmikan ini memiliki Panjang mencapai 97,70 M, lebar 13,80 M, dan daya angkut kapal mencapai 4.000 hingga 4.400 Ton.
Diberdayakan oleh Blogger.