Header Ads

cara mengobati ambeien pada ibu hamil ampuh dan aman

cara mengobati ambeien pada ibu hamil ampuh dan aman


5 Cara Mengobati Ambeien Ibu Hamil Ampuh dan Aman

Cara mengobati ambeien ibu hamil ampuh dan aman—Ambeien dalam bahasa medis disebut dengan hemorhoids. Berlokasi di daerah pembuangan dengan penyebab adanya pelebaran pembuluh vena di area anus sehingga berpotensi menimbulkan rasa nyeri, gatal, bengkak, dan berdarah, baik itu hanya berupa tetesan saja atau berupa aliran deras. Siapa yang paling sering mengalami gangguan kesehatan ini? mereka adalah para ibu hamil dan orang yang intensitas duduknya cukup lama setiap harinya.



Penyebab ambeien


Beberapa penyebab ambeien diantaranya adalah:


  • Karena faktor kehamilan
  • Karena duduk dalam waktu yang lama dan terus menerus
  • Diare tidak sembuh-sembuh
  • Adanya riwayat keluarga penderita wasir
  • Konstipasi
  • Terlalu lama mengejan
  • Terjadinya penekanan pada pembuluh darah, dsb



Ya, ibu hamil rawan mengalami ambeien. Ini dikarenakan beberapa faktor yang menyertainya seperti:

1. Perubahan kadar hormon saat sedang hamil

Saat sedang hamil, hormon progesteron mengalami peningkatan. Memang, pada ibu hamil hormon ini sangat bermanfaat, yaitu untuk menahan janin yang ada di dalam rahim, dan untuk memperkuat posisinya. Walau demikian, hormon tersebut menghambat gerak peristaltic yang berperan untuk memperlancar proses perjalanan makanan dalam sistem pencernaan hingga sampai di saluran pembuangan. Ini berarti, potensi yang bersangkutan mengalami sembelit cukup tinggi.

2. Ukuran Janin yang Membesar Seiring Berjalannya Waktu

Lambat laun, ukuran janin akan semakin besar seiring berjalannya waktu. Ini akan memberikan tekanan pada panggul dan rongga perut sehingga meningkatkan potensi ambeien.

3. Konstipasi

Riset membuktikan bahwa, sebanyak 25 persen ibu hamil mengalami sembelit. Dan, potensi tersebut terjadi sampai 3 bulan setelah melahirkan, perlu ada penanganan khusus agar potensi rusaknya otot panggul tidak semakin besar.

5 Cara mengobati ambeien ibu hamil ampuh dan aman


1. Perbanyak Konsumsi Air Putih untuk Meredakan Sembelit

Seperti disinggung di awal bahwa sembelit adalah salah satu gejala yang riskan terjadi pada ibu hamil kaitannya dengan perubahan hormon progesteron dalam tubuh. Cara mengatasinya adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih setidaknya 2 liter dalam sehari. Sembelit ditandai dengan kerasnya feses sehingga penderita harus mengejan ekstra selam BAB. Proses mengejan ini tentu saja berpengaruh pada meningkatnya tingkat keparahan pembengkakan.

2. Aktif Senam Kegel

Senam kegel atau senam ibu hamil adalah senam yang akan membantu memperkuat dinding perineum selama proses persalinan. Selain itu, aktif melakukan senam kegel bermanfaat untuk memperlancar sirkulasi darah sehingga meredakan parahnya potensi wasir.

3 Pakailah Bantal Donat untuk Alas Duduk

Cara mengobati ambeien ibu hamil ampuh dan aman tanpa risiko adalah dengan memakai bantal donat saat duduk. Bantal donat dengan lubang di tengahnya membantu Anda lebih nyaman saat sedang duduk.

4. Hindari Terlalu Lama Duduk

Bagi penderita ambeien, posisi yang paling aman adalah berdiri atau tidur menyamping. Duduk apalagi dalam rentang waktu yang terlalu lama dan terlalu sering, memberikan tekanan yang berlebihan pada pembuluh vena di area rectum dan anus. Jikapun Anda harus duduk, ganti posisi duduk sesering mungkin.

5. Kompres Lubang Pembuangan dengan Menggunakan Es Batu

Es batu adalah bahan alami untuk redakan bengkak di anus dan memperkecil potensi pendarahan. Kompres lubang pembuangan dengan es batu setiap hari di pagi hari agar ambeien segera membaik.


Cara mengobati ambeien ibu hamil ampuh dan aman diatas akan bantu redakan ambeien tanpa efek samping. Selamat mencoba.



Diberdayakan oleh Blogger.