Bukalapak Akan Menggunakan Teknologi Drone dan Toko Tanpa Kasir

0
21
Bukalapak Akan Menggunakan Teknologi Drone dan Toko Tanpa Kasir

Teknologi (Aisha.co.id) Perkembangan bisnis marketplace di Indonesia terbilang cukup menjanjikan. Namun masih ada beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki. Salah satunya persoalan inovasi yang masih kurang. Hal itulah yang dirasakan oleh Bukalapak. Oleh karena itulah, di tahun 2019 ini Bukalapak hendak membuat beberapa inovasi. Seperti penggunaan drone dalam pengiriman barang dan teknologi toko tanpa pramuniaga. Upayanya tersebut mendapat sambutan positif dari pemerintah khususnya Kementerian Komunikasi Dan Informatika RI yang akan membantu mewujudkan rencana Bukalapak tersebut.

Seperti yang kita tahu di Indonesia ada beberapa marketplace terkemuka buatan anak bangsa. Seperti Tokopedia, Shopee dan Bukalapak. Ketiga marketplace itu menjadi primadona dan menjadi terdepan. Sudah menjadi tuntutan bagi marketplace atau startup digital tersebut di jaman modern ini untuk terus berinovasi agar tetap eksis dan survive. Salah satunya Bukalapak yang baru saja merayakan ulangtahun yang kesembilan pada tanggal 10 Januari 2019 berencana membawa angin perubahan dan inovasi yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya oleh semua orang.

Ada banyak inovasi yang akan dilakukan oleh Bukalapak di tahun 2019 ini antara lain :

Penggunaan toko tanpa pramuniaga atau kasir, penggunaan kecerdasan buatan hingga pemakaian drone mutakhir dalam pengiriman barang. Hal itu diucapkan sendiri oleh Achmad Zaky selaku CEO Bukalapak ketika perayaan ulangtahun kesembilan Bukalapak di Jakarta. Niat baik Bukalapak tersebut diapresiasi oleh pemerintah Indonesia. Mengingat Bukalapak telah berkontribusi besar dalam memberdayakan UMKM dalam kerangka ekonomi digital.

Penggunaan drone dalam pengiriman barang sudah dilakukan oleh beberapa perusahaan di luar negeri. Dan Bukalapak ingin mengadopsi sistem tersebut dalam rangka menghubungkan pihak pembeli dengan UMKM dan memasarkan secara efektif produk UMKM. Saat ini jumlah UMKM di Bukalapak sudah mencapai empat juta lebih. Inilah yang menjadi bukti kontribusi besar Bukalapak dalam membangun UMKM di tanah air dan membuka lapangan kerja baru bagi para pelaku usaha.

Untuk mewujudkan inovasi tersebut, saat ini Bukalapak tengah melakukan berbagai ujicoba. Misalkan ujicoba penggunaan drone yang mutakhir yang anti terkena ketapel. Begitupula penggunaan teknologi toko tanpa kasir dimana seluruh rangkaian proses pembelian barang dari awal sampai akhir dilakukan oleh teknologi robot tanpa kehadiran manusia. Dengan teknologi ini akan membuat manusia lebih nyaman dan simpel dalam berbelanja di Bukalapak.

Bagi masyarakat Indonesia khususnya pengguna maupun mitra Bukalapak pastinya tidak sabar dengan inovasi yang akan diterapkan di Bukalapak. Secara khusus Achmad Zaky belum dapat menentukan tanggal pasti inovasi tersebut bisa terwujud. Sekarang Bukalapak terus melakukan ujicoba. Mencoba dan terus mencoba walaupun mengalami beberapa kegagalan, ucap pria lulusan ITB ini dengan semangat.

Diharapkan inovasi penggunaan drone dan toko tanpa kasir di Bukalapak segera terwujud secara sukses sebagaimana program Mitra Bukalapak yang telah memberikan hasil bagus bagi pemilik warung di seluruh Indonesia. Marilah kita tunggu terwujudnya inovasi baru dari Bukalapak! ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here