Debat Kedua Kandidat Harus Bikin Skala Prioritas

0
16
Debat Kedua Kandidat Harus Bikin Skala Prioritas

Berita Nasional, (Aisha.co.id),- Debat capres-cawapres untuk kedua bakal calon tersebut akan secepatnya dilangsungkan pada minggu (17/2). Adi Prayitno selaku Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, menuliskan untuk para calon presiden dan wakil presiden Indonesia yang bakal berdebat semestinya menciptakan skala prioritas untuk dipaparkan di muka umum.

Ia menjelaskan, yang perlu diacuhkan oleh seluruh kandidat yaitu waktu yang disediakan oleh pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU). Oleh sebab itu, masa-masa yang disediakan yaitu paling singkat dan tidak akan dapat mewadahi dalam penyampaian dari seluruh kandidat secara gamblang dan lengkap.

“Tentu saja dua kandidat tersebut seharusnya membuat skala prioritas isu energi yaitu contohnya Jokowi inginkan ngomong apa, tak mungkin dipaparkan seluruhnya. Kira-kira upaya untuk menanggulangi krisis energi apa, dibuat daftarnya satu, dua, tiga, tersebut saja yang diomongin dan juga diulang-ulang” tutur Adi, setelah diskusi di area Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (13/2).

Adi menjelaskan, semua kandidat memang harus memiliki pengetahuan mengenai isu yang akan dipaparkan dalam debat. Tetapi, untuk semua kandidat harus mengetahui teknis debat yaitu salah satunya pada waktu berdebat dan memanfaatkannya dengan baik.

“Hal-hal yang sifatnya substansial seringakali tidak dibarengi dengan pemahaman urusan teknis debat kandidat yang menjadi hambar memang. Jadi yang debat kesatu itu dirasakan membosankan sebab Pak Jokowi dan Pak Prabowo gagal menyatakan sesuai dengan masa-masa yang ditetapkan” tandas dia.

Waktu yang disediakan KPU untuk kedua kandidat dalam berdebat memang lumayan mengulas semua pemahaman semua para kandidat. Oleh karnannya, Adi menuliskan para kandidat semestinya menyesuaikan diri dengan memberikan batas paparan mereka menjadi hal-hal pokok yang sangat penting.

“Saya kira masa-masa yang ada kemauan kita semua tidak dapat dipenuhi. Makanya biar cerdas merebut hati masyarakat mesti to the point oleh sebab itu terdapat skala prioritas” jelas Adi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here