Masih Belum Terdapat Obat Fitofarmaka Teruji

0
16
Masih Belum Terdapat Obat Fitofarmaka Teruji

Berita Nasional, (Aisha.co.id),- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menegaskan bahwasannya sampai sekarang belum menemukan obat tradisional fitofarmaka yang mampu teruji klinis dapat menyembuhkan langsung penyakit kanker. Dalam hal ini direktur Pelayanan Kesehatan Tradisional, pihak Kemenkes Ina Rosalina Dadan membenarkan memang betul sekarang sudah tidak sedikit para peneliti menggunakan pengobatan tradisional terhadap pasiennya untuk mengobati kanker dengan contoh nyata yaitu berbentuk jamu.

“Obat herbal kanker tersebut memang tidak sedikit sekarang dan telah diklaim dapat menyembuhkan penyakit tersebut atau memperkecil sel kanker pada saat dikonsumsi. Akan tetapi ketika masih belum terdapat fitofarmaka maka obat kanker yang sudah terdaftar pada Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM),” tuturnya pada saat media briefing rapat kerja kesehatan nasional (Rakerkesnas) tahun 2019, tempat di ICE BSD, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (13/2).

Sekarang, dia telah melanjutkan, fitofarmaka yang sekarang sudah terbukti terdaftar yaitu sebanyak 21 jenis. Namun pada penyakit-penyakit jenis diabetes melitus (DM) hingga darah tinggi. Ia telah membenarkan bahwa obat tradisional nantinya akan menjadi fitofarmaka mesti kebanyakan merasakan perjalanan panjang sebab wajib mendaftarkan di BPOM.

Selanjutnya, obat herbal tersebut terlebih dahulu harus diuji klinis oleh pihak orang-orang yang ahli dan berkompeten. Maka jika terbukti hal ini bermanfaat, dia akan menjelaskan bahwa obat herbal dapat bekerja pada sel terkecil serta lantas kemudian menjadi fitofarmaka. Ia menyatakan bahwa obat herbal dapat meningkatkan kualitas hidup manusia dan secara efektif langsung berguna bagi promotif dan preventif. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here